Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel Pukat, serial anak-anak Mamak karya Tere-Liye

Adni, Ahmad Nahli Fadhlan (2020) Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel Pukat, serial anak-anak Mamak karya Tere-Liye. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1503016181_Ahmad Nahli Fadhlan Adni_Lengkap] Text (SKRIPSI_1503016181_Ahmad Nahli Fadhlan Adni_Lengkap)
1503016181_Ahmad Nahli Fadhlan Adni_Lengkap Tugas Akhir - Ahmad Nahli Fadhlan Adni.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi mengakibatkan banyak sekali perubahan, baik itu perubahan positif ataupun negatif. Hal yang tampak adalah perubahan negatif mengakibatkan perubahan nilai dan akhlak seseorang. Muncul perilaku menyimpang dalam berbagai hal. Pendidikan menjadi salah satu upaya dalam mengatasi perilaku menyimpang. Pendidikan mencakup berbagai hal.Di dalamnya mencakup nilai-nilai yang diajarkan, mengingat nilai ini sangatlah penting dalam bermasyarakat.
Era modern ini rendahnya nilai-nilai akhlak sangat disoroti. Oleh karena itu, perlu adanya kajian mengenai nilai-nilai tentang pendidikan akhlak yang harus dimiliki oleh seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai pendidikan akhlak yang terkandung di dalam novel Pukat, Serial Anak-Anak Mamak karya Tere-Liye yang menjadi objek penelitian.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan ( library research). Sumber data primer adalah novel Pukat, Serial Anak-Anak Mamak karya Tere-Liye. Sedangkan sumber sekundernya diambil dari buku-buku lain, jurnal, artikel dan lain sebagainya yang masih berkaitan dan relevan dengan penelitian. Adapun teknik analisis datanya menggunakan metode content analysis atau analisis isi.
Hasil dari penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam novel Pukat, Serial Anak-Anak Mamak dibagi menjadi lima macam. Ada nilai pendidikan akhlak kepada Allah dan Rasul-Nya, nilai pendidikan akhlak kepada sesama manusia, nilai pendidikan akhlak kepada diri sendiri, nilai pendidikan akhlak kepada lingkungan, nilai pendidikan akhlak kepada keluarga.
Dengan demikian nilai-nilai pendidikan akhlak di dalam novel Pukat, Serial Anak-Anak Mamak karya Tere Liye ini diharapkan bisa menambah wawasan keilmuan dan menjadi jawaban atas masalah-masalah di era modern ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Nilai pendidikan akhlak; Novel Pukat Serial Anak-Anak Mamak
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 20 Nov 2021 02:23
Last Modified: 20 Nov 2021 02:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13744

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics