Problematika pembelajaran di Madrasah Diniyah Manba’ul Huda Jepuro Juwana Pati

Khairilla, Aprilia Assani (2021) Problematika pembelajaran di Madrasah Diniyah Manba’ul Huda Jepuro Juwana Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1703016013_Aprilia Assani K_Full] Text (SKRIPSI_1703016013_Aprilia Assani K_Full)
1703016013_Aprilia Assani K_Full Skripsi - Aprilia Assani(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul: Problematika Pembelajaran di Madrasah Diniyah Manba’ul Huda Jepuro Juwana Pati, sehingga dengan ini muncul pertanyaan penelitian yaitu apa sajakah problematika pembelajaran di Madrasah Diniyah Manba’ul Huda Jepuro Juwana Pati dan upaya apa yang dilakukan untuk mengatasi problematika pembelajaran di Madrasah Diniyah Manba’ul Huda Jepuro Juwana Pati. Berdasarkan pertanyaan penelitian di atas, maka tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui problematika pembelajaran yang terjadi di Madrasah Diniyah Manba’ul Huda Jepuro, Juwana, Pati dan ntuk mengetahui upaya yang akan dilakukan dalam menganggulangi problematika pembelajaran di Madrasah Diniyah Manba’ul Huda Jepuro, Juwana, Pati.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Metode ini ditunjukan untuk mendeskripsikan kondisi lapangan terkait problematika pembelajaran di Madrasah Diniyah Manba’ul Huda Jepuro Juwana Pati dan bagaimana upaya untuk mengatasinya. Kemudian data yang dibutuhkan dalam skripsi ini yaitu dari sumber data primer atau pokok yang berasal dari kepala Madrasah, para pendidik atau pengelola, dan murid-murid Madrasah Diniyah Manba’ul Huda Jepuro Juwana Pati, dan Sumber data sekunder atau data pelengkap yaitu dari staff madrasah, atau pendukung lain yang dibutuhkan. Adapun instrumen yang dibutuhkan untuk mendapatkan data tersebut adalah dengan melakukan waancara dan observasi guna memperoleh keterangan tentang problematika pembelajaran di Madrasah Diniyah Manba’ul Huda Jepuro Juwana Pati.
Adapun hasil penelitian adalah problematika yang dihadapi dalam pembelajaran di Madrasah Diniyah Manba’ul Huda Jepuro Juwana Pati adalah meliputi: 1) perencanaan, yang mana tidak adanya perencanaan pembelajaran di Madrasah Diniyah Manba’ul Huda Jepuro, 2) pelaksanaan, yaitu terkait kurangnya kedisiplinan guru dan murid, terbatasnya waktu pembelajaran, sarana dan prasarana yang kurang memadai, rendahnya SDM para guru, materi yang sulit dipahami, kurikulum yang tidak terjalankan, minimnya penggunaan metode dan media dalam pembelajaran, dan 3) sistem evaluasi yang tidak jelas.
Kemudian upaya yang dilakukan dalam mengatasi problematika tersebut adalah dengan: 1) melakukan musyawarah rutin bersama kepala sekolah dan guru setiap satu bulan sekali yang disebut dengan anjangsana; 2) memberikan peraturan tegas kepada guru dan murid untuk mematuhi kedisiplinan, hal ini sekaligus untuk mengatasi keterbatasan waktu pembelajaran sehingga penggunaan waktu pembelajaran bisa lebih efektif; 3) mengajukan kerja sama dengan lembaga daerah setempat untuk melengkapi kebutuhan sarana dan prasarana pembelajaran; 4) upaya penanggulangan SDM guru dengan mengadakan kegiatan sharing bersama untuk saling membagi pengetahuan antar guru termasuk mengenai metode pembelajaran; 5) membuat kebijakan agar setiap murid wajib memiliki buku/kitab pelajaran, supaya guru bisa lebih fokus memberikan arti dan menerangkan sehingga materi lebih bisa dipahami; 6) memperbaiki dan memperkuat fungsi kurikulum di Madrasah; dan 7) memperbaiki sistem evaluasi dengan konsisten melakukan penilaian, serta memberikan arahan kepada guru agar penilaian dilakukan dengan mencakup tiga ranah yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Problematika; Pembelajaran; Madrasah Diniyah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 20 Nov 2021 06:32
Last Modified: 20 Nov 2021 06:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13746

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics