Internalisasi nilai-nilai pendidikan kewirausahaan pada santri di Pondok Pesantren Sunan Gunung Jati Ba’alawy Semarang

Ananda, Rizki (2021) Internalisasi nilai-nilai pendidikan kewirausahaan pada santri di Pondok Pesantren Sunan Gunung Jati Ba’alawy Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1703016057_Rizki Ananda_lengkap] Text (Skripsi_1703016057_Rizki Ananda_lengkap)
1703016057_RIZKI ANANDA_FULL SKRIPSI - Rizki Ananda.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini menjelaskan mengenai internalisasi nilai-nilai pendidikan kewirausahaan pada santri di pondok pesantren Sunan Gunung Jati Ba’alawy Semarang, internalisasi merupakan proses pemasukan sikap, pengetahuan dan keterampilan pada pribadi seseorang, proses ini berlangsung sepanjang hayat dan melalui beberapa tahapan, tujuan adanya internalisasi nilai-nilai pendidikan kewirausahaan di pondok pesantren Sunan Gunung Jati Ba’alawy Semarang adalah untuk membentuk karakter kewirausahaan santri agar nantinya santri ketika keluar dari pondok pesantren punya bekal dalam mendirikan usahanya sendiri.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan :1) Nilai-nilai pendidikan kewirausahaan yang diinternalisasikan di Pondok Pesantren Sunan Gunung Jati Ba’alawy Semarang, 2) Proses Internalisasi nilai-nilai pendidikan kewirausahaan di Pondok Pesantren Sunan Gunung Jati Ba’alawy Semarang, 3) Faktor pendukung dan penghambat proses internalisasi nilai-nilai pendidikan kewirausahaan di Pondok Pesantren Sunan Gunung Jati Ba’alawy Semarang.
Pendekatan penelitian ini adalah dengan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan melakukan studi lapangan melalui : observasi, wawancara dan dokumentasi, adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah Pengasuh Pondok Pesantren Sunan Gunung Jati Ba’alawy, Pengurus/Koordinator Bidang Kewirausahaan Pondok Pesantren Sunan Gunung Jati Ba’alawy, dan Santri yang berwirausaha di Pondok Pesantren Sunan Gunung Jati Ba’alawy. Tekhnik analisis datanya menggunakan: Redukasi data, Penyajian data, Verivikasi dan Penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan. 1) Nilai-nilai pendidikan kewirausahaan yang diinternalisasikan di Pondok Pesantren Sunan Gunung Jati Ba’alawy meliputi nilai percaya diri, nilai berorientasi pada tugas dan hasil, nilai pengambilan resiko, nilai kepemimpinan, nilai keorisinilan, dan nilai berorientasi pada masa depan, nilai tersebut proses penanamannya melalui praktik langsung dalam bidang wirausaha pondok pesantren.2) Proses internalisasi nilai-nilai pendidikan kewirausahaan di Pondok Pesantren Sunan Gunung Jati Ba’alawy melalui tiga tahapan yaitu tranformasi nilai, transaksi nilai, dan transinternalisasi nilai, dengan menggunakan metode keteladanan, metode pembiasaaan dan pemberian tugas dan metode diskusi, dan bentuk kegiatan internalisasi nilai kewirausahaan melalui seminar kewirausahaan, pelatihan kewirausahaan, dan praktik langsung, proses tersebut menghasilkan perubahan sikap santri yang menunjukkan karakter kewirausahaan sehingga santri dengan sadar berwirausaha.3) Faktor pendukung proses internalisasi nilai-nilai pendidikan kewirausahaan adalah pondok pesantren tidak menutup minat santri dalam mengembangkannya, sarana dan prasarana yang mendukung, dan pondok pesantren memiliki mentor-mentor yang kompeten dalam bidangnya, Faktor pengambat proses internalisasi nilai-nilai pendidikan kewirausahaan yang paling utama adalah sifat kurang bersungguh sungguh dan kemalasan santri itu sendiri dalam menjalankan bidang usahanya. Solusi atas hambatan tersebut adalah pembimbing melakukan mentoring dan monitoring terhadap santri yang berwirausaha.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Internalisasi; Nilai pendidikan; Kewirausahaan santri
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.6 Islamic history
300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 27 Nov 2021 02:57
Last Modified: 27 Nov 2021 02:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13799

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics