Pembelajaran kimia di masa pandemi : studi kasus MA Darul Ulum Semarang

Fitriyani, Nur Suci (2020) Pembelajaran kimia di masa pandemi : studi kasus MA Darul Ulum Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1403076051_NUR_SUCI_FITRIYANI] Text (SKRIPSI_1403076051_NUR_SUCI_FITRIYANI)
SKRIPSI_1403076051_NUR_SUCI_FITRIYANI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Keberadaan pandemi covid-19 berdampak ke berbagai sektor kehidupan, termasuk penyelenggara pelayanan pendidikan. Untuk keberlangsungan proses pendidikan dan dalam rangka berpartisipasi memutus rantai penyebaran virus covid-19, maka proses pembelajaran di MA Darul Ulum Semarang disesuaikan dengan kebijakan pemerintah dengan melakukan kegiatan belajar mengajar dilakukan jarak jauh atau dirumah masing-masing dan dilakukan melalui media daring (online). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran kimia secara daring yang dilakukan dikelas X IPA MA Darul ulum Semarang selama masa pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif , jenis penelitiannya studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan angket melalui google form. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan Data persiapan sebelum pembelajaran, pemilihan pembuatan atau pengembangan instrument evaluasi pembelajaran telah disesuaikaan dengan kondisi pandemi, namun dalam proses pelaksanaannya masih belum maksimal. Data pelaksanaan pembelajaran Kimia di MA Darul Ulum yang diperoleh berupa ketepatan dengan RPP, pengaturan kelas, penyampaian, keterampilan menggunakan stategi aktif, keterampilan meggunakan media, dan menutup pembelajaran. Data evaluasai pembelajaran diperoleh dengan meninjau aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik peserta didik. Respon peserta didik saat pembelajaran daring secara keseluruhan dikategorikan kurang baik. Dengan demikian, proses pembelajaran kimia pada masa pandemi COVID-19 di MA Darul Ulum Semarang sangat terpengaruh adanya pandemi ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kimia; Masa pandemi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 20 Nov 2021 01:48
Last Modified: 20 Nov 2021 01:48
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13800

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics