Ibu sebagai madrasah bagi anak persfektif M. Quraish Shihab

Kemala, Vinny (2020) Ibu sebagai madrasah bagi anak persfektif M. Quraish Shihab. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1703016060_Vinny Kemala_lengkap] Text (SKRIPSI_1703016060_Vinny Kemala_lengkap)
1703016060_VINNY KEMALA_Full Skripsi - Vinny Kemala Channel.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

M. Quraish Shihab berpandangan bahwa ibu berperan sebagai madrasah utama dalam keluarga. Seorang ibu apabila mampu menjaga akhlak anaknya maka dianggap telah berhasil menjaga moral bangsa. Tidak dapat dipungkiri bahwa mengabaikan perempuan berarti mengabaikan setengah dari potensi masyarakat, dan melecehkannya berarti melecehkan seluruh manusia karena tidak ada satupun kecuali Adam dan Hawa yang tidak terlahir melalui rahim ibu.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana peran ibu sebagai madrasah bagi anak perspektif M. Quraish Shihab. Secara umum pemikiran M. Quraish Shihab adalah bersifat rasional dan moderat sehingga mudah diterima. Jenis penelitian ini adalah library reseach. Data primer yang digunakan dalam penelitian ini yaitu karya M. Quraish Shihab diantaranya: Perempuan, Menjawab 101 soal perempuan yang patut anda ketahui, Lentera Hati: Kisah dan Hikmah Kehidupan.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa M. Quraish Shihab merumuskan peran perempuan sebagai madrasah berdasarkan apa yang sudah menjadi sifat dalam diri ibu tersebut, yaitu ibu sebagai pembentuk karakter anak melalui pembiasaan dan keteladanan, mencarikan waktu yang tepat dalam memberikan pengarahan yaitu saat berada di meja makan dan selesai sholat maghrib, mampu adil dan menyamakan pemberian untuk anak, membelikan anak mainan yang menunjang aktivitas belajarnya, membantu anak untuk berbakti dan mengerjakan ketaatan, bersikap lemah lembut ketika menghadapi anak, dan memiliki sifat keibuan melindungi dan menyanyangi anaknya dengan sepenuh hati

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Ibu; madrasah; Anak; M. Quraish Shihab
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 27 Nov 2021 03:05
Last Modified: 27 Nov 2021 03:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13810

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics