Strategi komunikasi organisasi Mahasiswa Walisongo Pencinta Alam (mawapala) dalam menyampaikan pesan an-nadhafatu minal iman

Khusaini, Fahri (2021) Strategi komunikasi organisasi Mahasiswa Walisongo Pencinta Alam (mawapala) dalam menyampaikan pesan an-nadhafatu minal iman. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1501026050_FAHRI KHUSAINI_SKRIPSI LENGKAPGKAP] Text (1501026050_FAHRI KHUSAINI_SKRIPSI LENGKAPGKAP)
1501026050_FAHRI KHUSAINI_LENGKAP TUGAS AKHIR.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Fahri Khusaini, 1501026050, “Strategi Komunikasi Organisasi Mahasiswa Walisongo Pencinta Alam (MAWAPALA) dalam Menyampaikan Pesan An-Nadhafatu Minal Iman”. Skripsi Progam Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang.
Mawapala adalah organisasi unit kegiatan mahasiswa intra kampus ynag ada di Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, bergerak dibidang kepencintaalaman dan kelestarian alam. Organisasi ini selain berfokus pada olahraga outdoor juga berkonsentrasi terhadap kegiatan yang berhubungkan dengan kelestarian alam, yang didalamnya terdapat terkait pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Baik itu lingkungan sekitar kampus dan lingkungan alam yang berkaitan dengan kehidupan manusia. Karena bergerak dibidang kelestarian lingkungan, maka Mawapala ikut turut serta dalam mewujudkan masyarakat sadar lingkungan agar terciptanya lingkungan yang sehat dan bersih. Mawapala adalah organisasi dibawah naungan Universitas Islam Negeri tentu saja menganut hal-hal yang bersifat keagamaan islam, salah satunya yaitu berdakwah. Berdakwah merupakan kegiatan yang di dalamnya terdapat penyampaian pesan kepada manusia untuk mengajak mereka kepada suatu hal kebaikan. Dalam melaksanakan hal itu, Mawapala berdakwah sesuai dengan apa yang ada dibidangnya sendiri yaitu terkait kelestarian lingkungan. Karena dalam islam ada sebuah slogan populer tentang menjaga kelestarian lingkungan yang berbunyi “an-nadhafatu minal iman”. Pesan tersebut ingin disampaikan Mawapala kepada setiap anggotanya agar nantinya dapat mewujudkan perilaku sadar akan kebersihan lingkungan.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi komunikasi organisasi yang digunakan oleh organisasi Mawapala dalam menyampaikan pesan an-nadhafatu minal iman. Penelitian kualitatif ini dengan pendekatan deskriptif dimana data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penyampaian pesan an-nadhafatu minal iman yang dilakukan oleh organisasi Mawapala menggunakan strategi dalam pelaksanaanya, yaitu dengan mengadakan kegiatan yang mendukung penyampaian pesan tersebut dengan melibatkan komunikan untuk ikut serta dalam kegiatan tersebut. Dalam pelaksanaanya kegatan yang dilaksanakan untuk internal organisasi dengan mengadakan kerja bakti bersih-bersih lingkungan basecamp rutin setiap satu bulan sekali serta melaksankan jadwal piket harian secara rutin. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menanamkan kebiasan untuk menjaga kebersihan mulai dari lingkungan sekitar kita berkegiatan secara rutin, dengan menjadikan keterbiasaan tersebut diharapkan pesan an-nadhafatu minal iman dapat tersampaikan dengan baik. Sedangkan untuk ruang lingkup eksternal organisasi Mawapala mengadakan kegiatan seminar lingkungan yang diadakan setahun sekali dalam rangka memperingati hari bumi nasional pada tanggal 22 April, dalam kegiatan tersebut membahas terkait isu-isu lingkungan yang sedang terjadi dalam tahun pelaksanaanya dan komunikan dapat mengatahui dampak dari kerusakan yang akan terjadi. Sehingga dengan begitu komunikan dapat tergerak untuk menerapkan pesan yang disampaikan agar terhindak dari dampak kerusakan lingkungan. Selain kegiatan tersebut, Mawapala juga mengadakan kompetisi berupa perlombaan pemanfaatan limbah rumah tangga menjadi barang yang lebih berguna yang diikuti oleh mahasiswa dan masyarakat umum, dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan masyarakat lebih bijak lagi dalam memanfaatkan limbah rumah tangga agar tidak terbuang menjadi sampah. Serta menyebarkan pesan an-nadhafatu minal iman dengan mengadakan sekolah konservasi pada taman kanak-kanak di Desa Medini, Kabupaten Kendal dan kegiatan aksi pungut sampah di kawasan jalur pendakian gunung guna meningkatkan komunikan akan kesadaran terkait menjaga kebersihan lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi komunikasi; Pesan dakwah; Mahasiswa Walisongo Pecinta Alam (MAWAPALA); An-nadhafatu minal Iman
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 20 Nov 2021 02:59
Last Modified: 20 Nov 2021 02:59
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13827

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics