Konsep berpikir positif menurut Dr. Ibrahim Elfiky dan relevansinya dengan muhasabah dalam tasawuf

Anggraini, Kiki (2020) Konsep berpikir positif menurut Dr. Ibrahim Elfiky dan relevansinya dengan muhasabah dalam tasawuf. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1704046079_Kiki Anggraini_Skripsi lengkap.pdf] Text
1704046079_Kiki Anggraini_Skripsi lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Manusia merupakan makhluk yang sempurna dibandingkan dengan makhluk lain. Salah satu kesempurnaan yang dimiliki berupa pikiran. Pikiran dapat memutuskan perilaku ke arah positif dan negatif. Pikiran positif dapat membawa kebahagiaan dan pikiran negatif dapat menyebabkan kehancuran seseorang. Permasalahan yang dihadapi yaitu bagaimana konsep berpikir positif menurut Dr. Ibrahim Elfiky dan relevansinya dengan muhasabah dalam tasawuf. Hal ini bertujuan untuk mengetahui konsep yang diberikan Dr. Ibrahim Elfiky dan relavansinya dengan muhasabah dalam tasawuf. Metode yang digunakan adalah Library Research, yaitu pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik penelitian data dilakukan dengan teknik dokumentasi dalam mengumpulkan data. Dengan cara mencari data dan mengumpulkan data yang telah didapatkan dari dokumen berupa buku, skripsi, jurnal penelitan dan hal-hal yang berkaitan dengan penelitian. Analisis yang digunakan yaitu analisis isi dan metode komparatif. Hasil penelitian ini yaitu Konsep berpikir positif menurut Dr. Ibrahim Elfiky dalam karya bukunya membentuk pribadi yang positif dan bertujuan untuk mencapai kebahagiaan. Kemudian konsep berpikir positif karya Dr. Ibrahim terdapat relavansinya dengan muhasabah dalam tasawuf. Relevansinya terletak pada tujuan cara membangun kepribadian lebih baik dan menanamkan nilai keislaman, serta manfaat muhasabah, yaitu : membentuk kepribadian lebih baik, mengetahui aib sendiri, rendah diri karena Allah Swt, mengetahui hak-hak Allah swt.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Berpikir positif; Muhasabah; Tasawuf
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.4 Sufism
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 20 Nov 2021 03:00
Last Modified: 20 Nov 2021 03:00
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13829

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics