Retorika dakwah Ustadz Sri Setyo dalam pementasan wayang kulit

Santoso, Cahyono Budi (2020) Retorika dakwah Ustadz Sri Setyo dalam pementasan wayang kulit. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1501026070_CAHYONO BUDI SANTOSO_SKRIPSI LENGKAP] Text (1501026070_CAHYONO BUDI SANTOSO_SKRIPSI LENGKAP)
1501026070_CAHYONO BUDI SANTOSO_FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Nama: Cahyono Budi Santoso, NIM 1501026070, Judul: Gaya Retorika dalam Dakwah Bil Lisan (Studi Kasus Ceramah Ustadz Sri Setyo Dalam Pementasan Wayang kulit di Youtube).
Retorika adalah seni dalam berbicara dalam konteks dakwah retorika di gunakan untuk menyampaikan ajaran Islam agar dapat memahamkan mad’u. Selain dalam hal bahasa yang perlu di perhatikan dalam retorika dakwah yaitu gaya suara serta gaya gerak tubuh. Dalam hal berdakwah penggunaan nada suara yang tepat serta gaya gerak tubuh yang atraktif tentunya menjadi penunjang keberhasilan dalam berdakwah. Penelitian ini penulis melakukan analisis mengenai gaya retorika dakwah yang berfokus pada Ustadz Sri Setyo dalam pementasan wayang kulit dengan menggunakan video di youtube. adapun tujuanya yaitu mengetahui gaya retorika Ustadz Sri Setyo dalam dakwah melalui media wayang kulit. Metode dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu kualitatif deskriptif dengan menggunakan analisis deskriptif model Miles dan Huber man. Dengan cara mereduksi data lalu menyajikan data dan mengambil kesimpulan. Dalam hal ini peneliti berfokus pada satu video dari Ustadz Sri Setyo yang di ambil di youtube.
Adapun hasil yang sudah didapat mengenai indikator baik buruknya gaya bahasa yaitu mengenai tingkat kesopanan, kejujuran serta menariknya sebuah dakwah, Ustadz Sri Setyo dalam penyampaian berdakwahya cukup baik, Sedangkan Untuk gaya bahasa menurut pemilihan kata Ustadz Sri Setyo menggunakan gaya bahasa percakapan. Selain itu beliau menggunakan kalimat retoris yang berbentuk eufemismus, hiperbola dan menggunakan gaya bahasa kiasan berbentuk Siniesme. Untuk gaya suara secara keseluruhan semua gaya suara digunakan Ustadz Sri Setyo dalam dakwahnya.
Sedangkan mengenai gaya gerak tubuh Ustadz Sri Setyo menggunakan pakaian layaknya dalang dengan posisi duduk dan membelakangi mad’u. Dalam pementasan tidak banyak terlihat melakukan kontak mata serta gestur yang tidak terlihat. Dakwah melalui media wayang kulit tentunya membuat dakwah beliau semakin hidup dan pesan yang di sampaikan dapat dipahami oleh audiens.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Retorika Dakwah; Ustadz Sri Setyo; Wayang Kulit
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 20 Nov 2021 03:55
Last Modified: 20 Nov 2021 03:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13855

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics