Upaya meningkatkan religiusitas masyarakat di majelis taklim Al-Karomah Srabanan Babadan Limpung Batang 2021

Ali, Uqiyatul Lutfi (2021) Upaya meningkatkan religiusitas masyarakat di majelis taklim Al-Karomah Srabanan Babadan Limpung Batang 2021. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1703016122_Uqiyatul Lutfi Ali_lengkap] Text (Skripsi_1703016122_Uqiyatul Lutfi Ali_lengkap)
1703016122_uqiyatul lutfi ali_Full Skripsi - uqiyatul lutfi ali.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Majelis taklim merupakan salah satu dari beberapa bentuk lembaga pendidikan keagamaan Islam yang hidup subur di tengah-tengah masyarakat. Majelis taklim memiliki peranan penting dalam upaya meningkatkan religiusitas masyarakat, dimana majelis taklim adalah tempat pengajian yang tidak terikat waktu dan bisa diikuti oleh berbagai kalangan masyarakat.
Skripsi ini membahas tentang upaya meningkatkan religiusitas masyarakat di majelis taklim al-Karomah Srabanan Babadan Limpung Batang. Penelitian ini merupakan studi deskriptif kualitatif dan untuk memecahkan masalah menggunakan studi kasus lapangan. Adapun objek penelitiannya adalah pimpinan majelis taklim al-Karomah Srabanan, ustadz/ustadzah, dan juga jama’ah majelis taklim al-Karomah Srabanan. Dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa upaya yang dilakukan di majelis taklim al-Karomah Srabanan dalam meningkatkan religiusitas masyarakat. Adapun upaya yang dilakukan di majelis taklim al-Karomah terbagi menjadi dua kelompok pengajian yaitu untuk anak-anak dan orang dewasa. Ada 4 jenis pengajian anak, yaitu pengajian al-Qur’an, kitab, Maulidan, Tahlil dan Istighotsah. Sedangkan untuk kegiatan pengajian dewasa ada 4 jenis kegiatan juga yaitu, Ngaji Syariat Subuh, Ngopi Jum’at pagi, Tongmuni, dan Ngabari Sholat

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Religiusitas; Masyarakat; Majelis taklim; Srabanan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.6 Islamic history > 297.65 Organizations of Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 28 Nov 2021 08:46
Last Modified: 28 Nov 2021 08:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13861

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics