Persepsi anak asuh tentang birr al-wālidain di panti asuhan Muhammadiyah Kota Semarang

Khaerudin, Muhammad Burhan (2021) Persepsi anak asuh tentang birr al-wālidain di panti asuhan Muhammadiyah Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1703016126_Muhammad Burhan Khaerudin_Lengkap] Text (Skripsi_1703016126_Muhammad Burhan Khaerudin_Lengkap)
1703016126_Muhammad Burhan Khaerudin_Lengkap Tugas Akhir - Muhammad Burhan Khaerudin.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Perintah birr al-wālidain yang merupakan kewajiban bagi setiap anak dirasa wajar adanya bagi mereka yang mendapatkan kenyamanan dan terpenuhi kebutuhannya di rumah. Namun lain cerita jika perintah birr al-wālidain ini ditunjukkan bagi mereka yang ketika di rumah tidak mendapatkan kenyamanan,. Seringkali sang anak menyalahkan dirinya sendiri, menyalahkan orangtua, bahkan menyalahkan nasibnya yang tidak seperti kawan kawan lainnya. Disaat kawan - kawannya setiap hari bisa mendapatkan perhatian dari orang tuanya, ia justru dimasukkan ke panti asuhan.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana persepsi anak asuh tentang birr al-wālidain di Panti Asuhan Muhammadiyah Kota Semarang.
Adapun jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif lapangan, yaitu penelitian yang berdasar pada data dari lokasi yang diteliti.. Disini peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun tujuan dari penelitian deskriptif ini yaitu membuat suatu gambaran, deskripsi atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai persepsi anak asuh tentang birr al-wālidain di Panti Asuhan Muhammadiyah Kota Semarang.
Temuan yang peneliti dapat disini yaitu bahwasannya persepsi anak asuh tentang birr al-wālidain, mereka menganggap bahwa ini memang suatu kewajiban dan harus dilakukan oleh seorang anak, sehingga mereka tidak keberatan dalam melaksanakannya

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Anak asuh; Persepsi; Birr al-wālidain
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.4 Sufism > 297.45 Sufi ethics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 28 Nov 2021 09:25
Last Modified: 28 Nov 2021 09:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13865

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics