Peran karang taruna karya muda dalam pengembangan Desa Wisata Pulau Mandalika Di Desa Ujungwatu Kecamatan Donorojo Kabupaten Jepara

Yasin, Fuad Isro (2020) Peran karang taruna karya muda dalam pengembangan Desa Wisata Pulau Mandalika Di Desa Ujungwatu Kecamatan Donorojo Kabupaten Jepara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1401046006_Fuad Isro Yasin_Skripsi Lengkap.pdf] Text
1401046006_Fuad Isro Yasin_Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (757kB)

Abstract

Penelitian dengan judul Peran Karang Taruna Karya Muda dalam Pengembangan Desa Wisata Pulau Mandalika di Desa Ujungwatu Kecamatan Donorojo Kabupaten Jepara ini adalah penelitian yang memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana peranan organisasi Karang Taruna di sebuah desa terhadap pengembangan masyarakat melalui desa wisata. Penelitian ini adalah bentuk penelitian kualitatif deskriptif dengan obyek penilitian yakni Karang Taruna Karya Muda Desa Wisata Pulau Mandalika di Desa Ujungwatu Kecamatan Donorojo Kabupaten Jepara dengan perumusan masalah yakni mengetahui bagaimana peranan karang taruna Karya Muda dalam pengembangan desa wisata Pulau Mandalika. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa pertama, terdapat peranan yang baik dalam secara prinsip kesadaran karena sebelumnya pemuda pesisir pantai terkenal negatif, melalui Karang Taruna dan programnya menjadikan lingkungan yang positif. Tentu hal tersebut juga dibarengi dengan aksi yang konkrit yakni dengan usaha pengembangan potensi Pulau Mandalika sebagai wisata untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dari pemuda, ibu rumah tangga dan nelayan sebagai profesi masyarakat pesisir. Kedua, melalui kekompakan pemuda dalam Karang Taruna yang mengembangkan Pulau Mandalika sebagai obyek wisata, pengembangan demi pengembangan terus dirasakan mulai dari berkurangnya jumlah pengangguran dan efek baik untuk membantu kesejahteraan masyarakat desa, selain itu telah didapatkan keuntungan berupa materi sebagai modal untuk usaha yang lain yang dikembangkan pemuda dengan membuka usaha yang lain di wisata sekitar. Hal yang tak kalah penting adalah adanya pandangan dan rencana untuk mengembangkan wisata Pulau Mandalik dari pleasure tourism menjadi cultural tourism dan eco trip dengan memanfaatkan potensi yang ada di Pulau Mandalika desa Ujungwatu Kecamatan Donorojo Kabupaten Jepara.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kaum Muda; Organisasi Pemuda; Mengembangkan Desa
Subjects: 300 Social sciences > 305 Social groups > 305.2 Age group
300 Social sciences > 306 Culture and institutions
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 20 Nov 2021 04:18
Last Modified: 20 Nov 2021 04:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13868

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics