Konsep hijrah menurut pandangan Habib Husein Ja’far al Hadar dalam channel youtube “jeda nulis”

Lestari, Sri (2020) Konsep hijrah menurut pandangan Habib Husein Ja’far al Hadar dalam channel youtube “jeda nulis”. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1501026079_SRI LESTARI_SKRIPSI LENGKAP] Text (1501026079_SRI LESTARI_SKRIPSI LENGKAP)
1501026079_Sri Lestari_Lengkap Tugas Akhir.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (841kB)

Abstract

Sri Lestari, NIM 1501026079, skripsi dengan judul “KONSEP HIJRAH MENURUT PANDANGAN HABIB HUSEIN JA’FAR AL HADAR DALAM CHANNEL YOUTUBE JEDA NULIS”. Hijrah belakangan ini menjadi populer dan banyak diminati khususnya bagi kaum milenial. Perkembangan teknologi dan informasi yang pesat membuat semua orang bebas bernarasi dan membagikan proses hijrahnya. Dan yang banyak berkembang sekarang adalah narasi mengenai hijrah sebatas pada aspek hukum saja. Seperti berhijab, berjenggot, celana cingkrang, sampai pada nikah muda. Hal itu tidak salah, namun mereduksi makna hijrah yang sebenarnya lebih luas dan dalam menyangkut seluruh aspek kehidupan. Dalam penelitian ini akan membahas tentang bagaimana konsep hijrah menurut pandangan Hbaib Husein Ja’far Al Hadar dalam channel “Jeda Nulis”.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep hijrah yang terdiri dari: makna hijrah, aspek hijrah, model hijrah pada masa Rasulullah, dan output yang dihasilkan dari orang-orang yang berhijrah menurut Habib Husein Ja’far Al Hadar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan menggunakan teknik analisis metode kualitatif deskriptif. Data primer bersumber dari dua video youtube bertemakan hijrah dengan judul “Hijrah Yang Sebenarnya Tuh Gini” dan “Meneladani Hijrahnya Sahabat Nabi” dalam channel youtube Jeda Nulis, juga wawancara bersama narasumber Habib Husein Ja’far Al Hadar. Cara kerja analisis deskriptif yaitu: a. Memilih tema hijrah dan mengklasifikasikan video yang sesuai dengan tema; b. Memahami isi video dengan menuangkan dalam tulisan, sembari mencari pendapat tokoh lain, mencari kesesuaian antara keduanya mengenai hal-hal yang sedang dibahas, dalam hal ini mengenai hijrah.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa konsep hijrah menurut Habib Husein Ja’far Al Hadar terdiri dari 4 bagian, yaitu: pertama, makna hijrah secara keseluruhan adalah bergerak atau berubah dari kegelapan menuju keterangbenderangan; kedua, aspek hijrah meliputi aspek tasawuf, aspek kultural, aspek filosofis, dan aspek sosial; ketiga, peran sahabat dalam hijrah pada masa Rasulullah yaitu, peran Abu Bakar As Shidiq dan peran Ali bin Abi Thalib; keempat, output pasca hijrah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hijrah; Media; Habib Husein; Youtube
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 20 Nov 2021 04:27
Last Modified: 20 Nov 2021 04:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13871

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics