Hubungan intensitas menonton film kartun Nusa dan Rara dengan pengetahuan agama Islam anak-anak di RW X Perumahan Kaliwungu Indah Kabupaten Kendal

Arumingtyas, Titis (2020) Hubungan intensitas menonton film kartun Nusa dan Rara dengan pengetahuan agama Islam anak-anak di RW X Perumahan Kaliwungu Indah Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1501026102_TITIS ARUMINGTYAS_SKRIPSI LENGKAP] Text (1501026102_TITIS ARUMINGTYAS_SKRIPSI LENGKAP)
Titis Arumingtyas 1501026102_FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Titis Arumingtyas. 1501026102. Hubungan Intensitas Menonton Film Kartun Nusa Dan Rara Dengan Pengetahuan Agama Islam Anak-Anak di RW X Perumahan Kaliwungu Indah Kabupaten Kendal.
Berkembangnya media untuk berdakwah melalui internet berupa youtube yang membawa cara berkomunikasi baru dimasyarakat, khususnya untuk kalangan anak-anak. Youtube adalah website yang memungkinkan penggunanya untuk menonton berbagai jenis video. Salah satu video yang bisa di akses di youtube adalah kartun Nussa dan Rara. Film kartun Nussa dan Rara berisi tentang edukasi pengetahuan agama Islam. Dengan adanya fenomena tersebut maka film kartun Nussa dan Rara telah menjadi media dakwah bagi penonton khususnya untuk kalangan anak-anak. Tujuan penlitian ini untuk mengetahui adakah hubungan signifikan antara intensitas menonton film kartun Nussa dan Rara dengan pengetahuan agama islam anak di RW X Perumahan Kaliwungu Indah, Kabupaten Kendal.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional. Teknik penelitian ini menggunakan teknik sampel non probability sampling. Pemilihan anggota populasi menggunakan teknik sampling incidental yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan (incidental) bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel. Populasi dalam penelitian adalah anak-anak di Perumahan Kaliwungu Indah usia 9-12 tahun yang mempunyai ciri-ciri beragama Islam sebagai siswa-siswi yang masih bersekolah dan menonton film kartun Nusa dan Rara di youtube, sample yang di ambil adalah 52 responden dari populasi anak yang berusia 9-12 tahun di lingkungan RW X sebanyak 105 anak, dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Setelah data terkumpul, dilakukan penskoran, dan analisis data terhadap variabel intensitas menonto film kartun Nussa dan Rara (X) dan pengetahuan agama Islam anak-anak (Y).
Berdasarkan hasil penelitian uji koefisien korelasi Product Moment menunjukkan pada tabel Correlations bisa diketahui bahwa nilai rxy sebesar 0,100 yang menunjukkan hasil positif namun hubungannya sangat rendah. Nilai R-Square pada uji koefisien determinasi pada tabel Model Summary sebesar 0,010 menunjukkan bahwa keeratan hubungan antara variabel X terhadap variabel Y hanya sebesar 1% sedangkan sisanya (100% - 1 % = 99%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Selanjutnya hasil analisis uji signifikansi dari tabel Anova taraf signifikansi nilai sig sebesar 0,0438 yang berarti lebih besar dari 0,05 (0,483 > 0,05) dan nilai F hitung lebih besar dari F tabel (F hitung > F tabel) (0,500 < 4,030).
Setelah di analisis mengingat hasil yang sangat rendah tersebut maka dianggap hipotesis penelitian yang menyebutkan terdapat hubungan siginifikan antara intensitas menonton film kartun Nusa dan Rara terhadap pengetahuan agama Islam anak-anak di RW X Perumahan Kaliwungu Indah, Kaliwungu Selatan, Kabupaten Kendal tidak terbukti. Dengan kata lain tidak ada hubungan yang signifikan antara intensitas menonton film kartun Nussa dan Rara dengan pengetahuan agama Islam anak-anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Intensitas; Menonton; Film Kartun Nussa dan Rara; pengetahuan agama Islam anak-anak
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 20 Nov 2021 05:01
Last Modified: 12 Dec 2022 04:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13872

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics