Komunikasi persuasif K.H. M. Tauhid al - Mursyid dalam pembentukan akhlakul karimah santri di Pondok Pesantren al-Madani Gunungpati Semarang

Erkanto, Adimungkas (2020) Komunikasi persuasif K.H. M. Tauhid al - Mursyid dalam pembentukan akhlakul karimah santri di Pondok Pesantren al-Madani Gunungpati Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1501026104] Text (1501026104)
FULL SKRIPSI, 1501026104 - Adimungkas Erkanto.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Nama Adimungkas Erkanto (1501026104) dengan judul penelitian: Komunikasi Persuasif KH. M Tauhid Al-Mursyid dalam Pembentukan Akhlak Santri di Ponpes Almadani Gunungpati Semarang
Komunikasi persuasif yang dilakukan seorang kiai dalam membentuk akhlak santri dalam pondok pesantren semakin mendapat tempat yang krusial, melihat adanya karakter santri yang bermacam-macam dengan latar belakang yang berbeda pula. Dilihat dari latar belakang pendidikan terdapat berbagai macam lulusan yakni ada beberapa santri yang berasal dari sekolah umum seperti SD atau SMP. Ada juga yang berasal dari madrasah seperti MI atau MTS. Sedangkan dari segi latar belakang ekonomi, ada santri yang berasal dari keluarga kurang mampu, keluarga yang mampu maupun kaya raya. selain karakter dan latar belakang santri yang bermacam-macam, pondok pesantren Al-Madani juga memiliki beberapa santri yang (pada masa awal mondok) seringkali berulah tidak baik.
Berdasarkan latar belakang diatas, timbul pertanyaan yaitu Bagaimana komunikasi persuasif KH M. Tauhid al - Mursyid dalam pembentukan akhlakul karimah santri di pondok pesantren Al-Madani Gunungpati Semarang ?
Apa faktor pendukung dan penghambat komunikasi persuasif KH M. Tauhid al - Mursyid dalam pembentukan akhlakul karimah santri di pondok pesantren Al-Madani Gunungpati Semarang?
Adapun tujuan penelitian ini adalah, (1) untuk mengetahui komunikasi persuasif Kh. Tauhid dalam membentuk akhlak santri di ponpes almadani. (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat komunikasi persuasif Kh. Tauhid dalam membentuk akhlak santri di ponpes almadani. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi dan wawancara, terhadap Kh Tauhid beserta para pengurus Ponpes Almadani.

Adapun metode dalam persuasif KH M. Tauhid al - Mursyid dalam pembentukan akhlakul karimah santri di pondok pesantren Al-Madani Gunungpati Semarang dilakukan melalui pendekatan, bimbingan, pengajaran, nasehat, dan perhatian. Begitupun tekhnik Komunikasi persuasif yang digunakan yaitu 1) Assosiasi 2) Integrasi 3) Fear off Arrousing
Hasil penelitian menampilkan bentuk komunikasi persuasive yang dilakukan oleh KH. Tauhid dalam membentuk akhlak santri dan berdasarkan data yang ditemukan, bentuk dan tekhnik komunikasi yang digunakan dalam pembentukan Akhlak santri yaitu melalui bentuk komunikasi persuasif yang bersifat dakwah. Komunikasi dakwah yang artinya menyerukan dan mengajak para santri untuk berjalan sesuai syariat agama yang benar. Sehingga aktivitas ini memerlukan bahasa yang dapat membuat orang yang mendengar pesan tersebut menjadi ikut terpengaruh dalam setiap pesan yang beliau sampaikan.
Adapun analisis untuk mengetahui factor pendukung dan penghambat menggunakan analisis SWOT ( Strength, Weakness, Opportunity, Threats )

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Persuasif; KH Tauhid; Pembentukan Akhlak; Santri
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 20 Nov 2021 05:23
Last Modified: 20 Nov 2021 05:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13873

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics