Pesan dakwah tentang shodaqoh dalam “Rubrik Silaturahim” di majalah yatim mandiri edisi September – Desember 2020

Khoirunnisa, Itsna (2020) Pesan dakwah tentang shodaqoh dalam “Rubrik Silaturahim” di majalah yatim mandiri edisi September – Desember 2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1501026106_ITSNA KHOIRUNNISA_SKRIPSI LENGKAP] Text (1501026106_ITSNA KHOIRUNNISA_SKRIPSI LENGKAP)
1501026106_ITSNAKHOIRUNNISA_Lengkap Tugas Akhir.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

ITSNA KHOIRUNNISA. 1501026106. “Pesan Dakwah tentang Shodaqoh dalam Rubrik Silaturahim di Majalah Yatim Mandiri edisi September – Desember 2020”. Skripsi program Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang.
Majalah Yatim Mandiri sebagai media transparansi alokasi dana dari donatur di Lembaga Yatim Mandiri khususnya, dan masyarakat muslim pada umumnya. Isi dari majalah Yatim Mandiri mengangkat tema ajaran agama Islam yang beberapa diantaranya yaitu tema tentang shodaqoh. Dakwah merupakan suatu amalan mengajak kepada kebaikan dan melarang kepada keburukan. Shodaqoh menjadi salah satu perintah didalam dakwah itu sendiri. Majalah Yatim Mandiri menghadirkan pembahasan tentang shodaqoh, salah satu diantaranya yaitu rubrik silaturahim, isi dari rubrik silaturahim mendeskripsikan testimoni dari para donatur di Lembaga Yatim Mandiri mengenai keutamaan dan manfaat setelah bershodaqoh, sehingga mengunggah pembaca agar termotivasi untuk turut bershodaqoh. Peneliti ingin meneliti rubrik silaturahim di majalah Yatim Mandiri pada edisi September – Desember 2020. Rumusan permasalahan yang peneliti ambil adalah, pesan dakwah tentang shodaqoh apa saja yang terkandung dalam rubrik silaturahim di majalah Yatim Mandiri edisi september – Desember 2020?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pesan dakwah tentang shodaqoh yang terkandung dalam rubrik silaturahim di majalah Yatim Mandiri edisi September – Desember 2020. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis isi (content analysis) menurut Krippendorf. Pengumpulan data dilakukan dengan kajian dokumentasi dalam rubrik silaturahim di majalah Yatim Mandiri edisi September – Desember 2020 dengan teknik pencatatan. Hasil penelitian menunjukkan, terdapat lima pesan dakwah tentang shodaqoh yaitu shodaqoh harta, bekerja, berbuat baik dan tolong menolong, amar ma’ruf nahi munkar, dan yang terakhir yaitu memberikan nasihat dan pendapat pikiran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakkwah; Shodaqoh; Majalah; Rubrik
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 20 Nov 2021 06:29
Last Modified: 20 Nov 2021 06:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13877

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics