Pemberdayaan masyarakat berbasis potensi lokal melalui pengolahan bandeng di Kampung Purwosari Kelurahan Tambakrejo Gayamsari Semarang

Uyun, Thoriqoh Qurrotul (2021) Pemberdayaan masyarakat berbasis potensi lokal melalui pengolahan bandeng di Kampung Purwosari Kelurahan Tambakrejo Gayamsari Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1401046017_Thoriqoh Qurrotul Uyun_Skripsi lengkap.pdf] Text
1401046017_Thoriqoh Qurrotul Uyun_Skripsi lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya hayati perairan. Salah satu faktor yang memiliki peranan yang sangat besar dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia adalah sektor perikanan. Pemanfaatan dalam bentuk olahan ini dapat berupa ikan bandeng tulang lunak (presto), ikan asap, ikan asin, ikan pindang maupun ikan yang diolah dengan memanfaatkan fermentasi seperti petis dan terasi. Ikan bandeng dapat diolah menjadi berbagai macam produk, salah satunya adalah bandeng presto. Permasalahan yang sering umumnya terjadi pada industri diantaranya keterbatasan modal,pemasaran yang kurang optimal, pengadaan barang baku,kurangnya keahlian dalan pengelolaan perusahaan dan tenaga kerja (sumber daya manusia). Masalah tersebut pada akhirnya akan berpengaruh terhadap produktifitas dari hasil produksi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana proses pemberdayaan masyarakat berbasis potensi lokal melalui pengolahan bandeng di Kampung Purwosari Kelurahan Tambakrejo Gayamsari Semarangdan (2) Bagaimana hasil pemberdayaan masyarakat Purwosari Kelurahan Tambakrejo Gayamsari Semarang. Untuk menjawab rumusan masalah di atas, penulis menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan sumberdata primer dan sekunder. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik dokumentasi, wawancara secara terstruktur dengan menggunakan pedoman yang telah disiapkan, dan observasi secara terus terang dan tersamar. Untuk menganalisis data penulis menggunakan proses reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Proses pemberdayaan masyarakat berbasis potensi lokal melalui pengolahan bandeng di Kampung Purwosari Kelurahan Tambakrejo Kecamatan Gayamsari Semarang dapat disimpulkan bahwa terdapat enam konsep yaitu: Learning by doing,Problem solving, Self evaluation, Self development and coordination,Self selection, dan Self decisim. Proses yang meliputi tiga tahapan yaitu pertama tahapan penyadaran, tahapan pengkapasitasan dan tahapan pemberian daya. (2) Hasil pemberdayaan masyarakat berbasis potensi lokal melalui pengolahan bandeng di Kampung Purwosari Kelurahan Tambakrejo Gayamsari Semarang dapat disimpulkan dilihat dari segi peningkatan ekonomi yaitu bertambahnya pendapatan isteri nelayan sehingga dapat memenuhi kebutuhan rumah tangga dalam upaya meningkatkan kesejahteraan keluarga dan dari segi sosial bertambahnya pengetahuan dan keterampilan isteri nelayan dalam mengolah ikan bandeng.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat; Perubahan Sosial Ekonomi; Usaha; Bandeng
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 20 Nov 2021 06:35
Last Modified: 20 Nov 2021 06:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13879

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics