Partisipasi masyarakat dalam penanggulangan balita stunting melalui program kegiatan gizi puskesmas kutukan di Desa Kediren Kecamatan Randublatung Blora

Iswanto, Ahmad Yusup (2021) Partisipasi masyarakat dalam penanggulangan balita stunting melalui program kegiatan gizi puskesmas kutukan di Desa Kediren Kecamatan Randublatung Blora. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1401046038_Ahmad Yusup Iswanto_Skripsi lengkap.pdf] Text
1401046038_Ahmad Yusup Iswanto_Skripsi lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Stunting merupakan gangguan pertumbuhan pada balita akibat dari kekurangan gizi kronis. Program gizi merupakan upaya dari Pemerintah dan Dinas Kesehatan untuk menurunkan angka balita stunting di Indonesia. Partisipasi masyarakat sangat diperlukan dalam manjalankan program gizi untuk penanggulangan stunting. Rumusan masalah dalampenelitian ini adalah: (1) Bagaimana partisipasi masyarakat dalam penanggulangan balita Stunting melalui program gizi Puskesmas Kutukan, (2) Faktor apa yang mempengaruhi partisipasi masyarakat dalam penanggulangan balita Stunting melalui program gizi Puskesmas Kutukan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tahap partisipasi masyarakat dan Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dengan teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksidata, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan dua hal sebagai berikut: Pertama, partisipasi masyarakat dalam penanggulangan balita Stunting melalui Program Kegiatan Gizi yang telah dibuat Puskesmas Kutukan, Kegiatan yang dilaksanakan berupa: bentuk partisipasi masyarakat, tahapan partisipasi masyarakat, dan tingkatan partisipasi masyarakat. Kedua, Faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat dalam penanggulangan balita Stunting diantaranya: (1) faktor pendukung berupa intervensi dari pemerintah, kesadaran masyarakat, tempat tinggal, dan program gratis. (2) faktor penghambat berupa pengetahuan, pekerjaan, komunikasi, dan tindak lanjut yang kurang. Kemudian dibuat strategi untuk meningkatkan partisipasi masyarakat yaitu: Mengoptimalkan kegiatan melalui program pelatihan penanggulangan stunting dan meningkatkan promosi melalui sosialisasi program stunting, Menambah pelatihan tentang penanggulangan stunting dan membuat jadwal sesuai keinginan masyarakat, Mengadakan Sosialisasi kembali yang melibatkan semua masyarakat dan memperbaiki jalinan komunikasi untuk program gizi, Membuat dan memperbaiki program dan mengatur waktu untuk program gizi yang tepat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat; Perubahan Sosial ; Stunting
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction
300 Social sciences > 305 Social groups > 305.5 People by social and economic levels
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 20 Nov 2021 06:56
Last Modified: 20 Nov 2021 06:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13886

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics