Pesan dakwah dalam novel lost in the USA

Islamiyah, Kafidatul (2020) Pesan dakwah dalam novel lost in the USA. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1501026126_Kafidatul Islamiyah_SKRIPSI LENGKAP] Text (1501026126_Kafidatul Islamiyah_SKRIPSI LENGKAP)
1501026126_KAFIDATUL ISLAMIYAH_SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (351kB)

Abstract

Kafidatul Islamiyah, NIM (1501026126) “Pesan Dakwah Dalam Novel Lost In The USA Karya Fathi Bawazier”. Skripsi, Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, menggunakan teori semiotika Roland Barthes ini untuk memperdalam pola kerja dari analisis dua tahap untuk menjawab rumusan masalah dalam penelitian. Semiotika Roland Barthes digunakan untuk mengetahui makna denotasi, konotasi, dan mitos. Makna denotasi adalah apa yang digambarkan tanda dalam objek sedangkan konotasi adalah makna yang menggambarkan objek. Mitos menurut Roland Barthes adalah bagaimana kebudayaan menjelaskan aspek realita dan gejala alam. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pesan dakwah dalam novel Lost In The USA karya Fathi Bawazier. Adapun unit analisisnya adalah dialog dan teks dalam beberapa chapter yang mengandung pesan dakwah. Fokus penelitian ini pada pesan-pesan dakwah.
Hasil penelitian ini adalah novel Lost In The USA karya Fathi Bawazier termasuk jenis novel inspiratif. Pada novel Lost In The USA terdapat pesan-pesan dakwah yang diklasifikasikan menjadi tiga bagian yaitu: pesan aqidah, pesan syari’at, dan pesan akhlak. Pesan aqidah yaitu iman kepada Allah, iman kepada takdir Allah. Pesan syariat yaitu sholat dan do’a. Pesan akhlak yaitu berbakti kepada orangtua, ikhtiar, menuntut ilmu, tolong menolong dan bersyukur.
Rekomendasi dan saran kepada peneliti selanjutnya agar mampu menjadi acuan dan mampu mengembangkan penelitian ini. Disamping itu, pengembangan dari teori analisis teks semiotik setidaknya bisa digunakan dalam menganalisa pesan dakwah di novel lain yang lebih berkualitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Novel Lost In The USA; Semiotik Roland Barthes
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 20 Nov 2021 07:04
Last Modified: 20 Nov 2021 07:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13889

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics