Pemberdayaan ekonomi melalui wisata kuliner oleh komunitas kolbu (brongkol jambu) di Desa Jambu Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang

Aini, Muftia Afifah Qurrotul ‘ (2021) Pemberdayaan ekonomi melalui wisata kuliner oleh komunitas kolbu (brongkol jambu) di Desa Jambu Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1401046046_MUFTIA FIKS_Skripsi Lengkap.pdf] Text
1401046046_MUFTIA FIKS_Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Kesejahteraan masyarakat dalam pemberdayaan ekonomi merupakan tujuan dari pemberdayaan, diawali dengan peningkatan kapasitas. Pemberdayaan ekonomi sendiri merupakan suatu penguatan pemiliki faktor-faktor produksi, penguatan penguasaan distribusi danpemasaran, penguatan masyarakat untuk memperoleh gaji/upah yang memadai, dan penguatan masyarakat untuk memperoleh informasi, pengetahuan dan keterampilan Salah satu komunitas sosial yang melaksanakan pemberdayaan masyarakat adalah Komunitas Brongkol Jambu (KOLBU) yang berada di desa Jambu Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang. Dalam kegiatan memberdayakan masyarakat, KOLBU menitikberatkan pada penggunaan dan pemanfaatan potensi lokal masyarakat. Potensi lokal yang dikembangkan oleh KOLBU antara lain; desa wisata, dagangan kuliner jajanan tradisional, dan pembuatan kerajinan mainan anak. Di Kecamatan Jambu sendiri memiliki potensi lokal terbesar pada sektor pertanian, baik pertanian buah-buahan maupun palawija. Dengan potensi alam yang dimilikinya masyarakat Desa Jambu memanfaatkan pertanian palawija untuk diolah dijadikan sebagai bahan pangan dan diolah menjadi makanan tradisional yang kemudian diwujudkan dalam program wisata kuliner. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana proses pemberdayaan masyarakat melalui wisata kuliner oleh komunitas KOLBU di desa Jambu Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang dan (2) Bagaimana hasil pemberdayaan masyarakat melalui wisata kuliner oleh komunitas KOLBU di desa Jambu Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang. Untuk menjawab rumusan masalah diatas, penulis menggunakan penelitian kualitatif deskriptif untuk menggambarkan keadaan objek penelitian. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik dokumentasi, wawancara secara terstruktur dengan menggunakan pedoman yang telah disiapkan, dan observasi secara terus terang dan tersamar. Untuk menganalisis data dari Miles-Huberman penulis menggunakan proses reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa proses pemberdayaan ekonomi melalui wisata kuliner oleh komunitas KOLBU berjalan cukup baik sesuai dengan metode PRA (Participatory Rural Appraisal), FGD (Forum Group Discussion), dan PLA (Partisipatory Learning and Action). Proses ini meliputi tiga tahapan yaitu tahapan penyadaran, tahapan pengkapasitasan dan tahapan pemberian daya. Fungsi manajemen yang digunakan dimulai dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan. Terkait dengan hasil pemberdayaan ekonomi melalui wisata kuliner oleh komunitas KOLBU adalah masyarakat mampu untuk mandiri dan berperan aktif dalam pelaksanakan kegiatan pemberdayaan. Sehingga dengan adanya kegiatan pemberdayaan, masyarakat dapat menambah penghasilan dari berjualan di wisata kuliner dan mampu untuk menyekolahkan anaknya serta dapat menabung sebagian uangnya untuk keperluan dimasa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat; Perubahan Sosial; pemberdayaan Ekonomi
Subjects: 300 Social sciences > 303 Social processes
300 Social sciences > 305 Social groups > 305.5 People by social and economic levels
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 20 Nov 2021 07:08
Last Modified: 20 Nov 2021 07:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13893

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics