Implementasi Technological Pedagogical Content Knowledge dalam pembelajaran Asmaul Husna pada siswa di SDN Purwoyoso 03 Ngaliyan Semarang

Qurratu’aini, Nafila Ahya (2021) Implementasi Technological Pedagogical Content Knowledge dalam pembelajaran Asmaul Husna pada siswa di SDN Purwoyoso 03 Ngaliyan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1703016176_Nafila Ahya Qurratu’aini-lengkap] Text (Skripsi_1703016176_Nafila Ahya Qurratu’aini-lengkap)
1703016176_NAFILA AHYA Q_LENGKAP TUGAS AKHIR-1 - Nafila Ahya(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini menjelaskan tentang implementasi Technological Pedagogical Content Knowledge dalam pembelajaran Asmaul Husna pada siswa di SDN Purwoyoso 03 Ngaliyan Semarang. TPACK merupakan metode kontemporer yang menggabungkan tiga komponen: teknologi, pengetahuan dan konten agar memudahkan peserta didik dalam menerima materi pembelajaran. Sebuah metode yang tepat dalam pembelajaran daring materi Asmaul Husna, karena mengikuti perkembangan teknologi yang memiliki pengaruh besar terhadap kegiatan pembelajaran. Sehingga abad-21 mendorong pendidik untuk lebih mempelajari perkembangan teknologi di masa sekarang.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Implementasi Technological Pedagogical Content Knowledge pada Siswa di SD N Purwoyoso 03 Ngaliyan Semarang, 2) Kendala dan solusi dihadapi dalam Implementasi Technological Pedagogical Content Knowledge dalam Pembelajaran Asmaul Husna pada Siswa di SD N Purwoyoso 03 Ngaliyan Semarang. Bentuk penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan melakukan pengumpulan data melalui: observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini ada dua yaitu data primer dan data sekunder. Subjek pada penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PAI dan dua peserta didik. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan: Reduksi data, Penyajian data dan Penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian meliputi: 1) Implementasi Technological Pedagogical Content Knowledge pada Siswa di SD N Purwoyoso 03 Ngaliyan Semarang meliputi, 2) Kendala yang dihadapi pada implementasi TPACK dalam pembelajaran Asmaul Husna yang paling utama adalah jaringan internet kurang stabil dan kuota internet yang kurang memadai. Solusi pada implementasi TPACK dalam pembelajaran Asmaul Husna adalah dapat mengambil tugas di Sekolah kemudian hari berikutnya dikumpulkan, peserta didik yang tidak mempunyai handphone dapat mengakses di sore atau malam hari ketika orang tua pulang kerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Technological Pedagogical Content Knowledge; Pembelajaran Asmaul Husna
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 28 Nov 2021 10:04
Last Modified: 28 Nov 2021 10:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13894

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics