Persepsi jamaah Musholla Nurul Falah Kelurahan Tambakaji Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang terhadap tayangan sinetron “jodoh wasiat bapak” di ANTV

Najih, Ahmad Faqih Ainun (2021) Persepsi jamaah Musholla Nurul Falah Kelurahan Tambakaji Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang terhadap tayangan sinetron “jodoh wasiat bapak” di ANTV. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1501026136_Ahmad Faqih Ainun Najih_SKRIPSI LENGKAP] Text (1501026136_Ahmad Faqih Ainun Najih_SKRIPSI LENGKAP)
1501026136_FAQIH_SKRIPSIFULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Persepsi Jamaah Musholla Nurul Falah kelurahan Tambakaji Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang Terhadap Tayangan Sinetron Jodoh Wasiat Bapak di ANTV. Dilatarbelakangi adanya temuan permasalahan religiusitas di Kelurahan Tambakaji Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang, lebih tepatnya dengan jamaah Musholla Nurul Falah. Beriringan waktu, lahirlah sinetron Jodoh Wasiat Bapak di ANTV yang selalu memberikan tayangan atau informasi tentang agama islam. Dari ini lahir ragamnya persepsi terkait tanggapan, penilaian dan sikap jamaah musholla Nurul Falah terhadap tayangan sinetron Jodoh Wasiat Bapak di ANTV.
Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti mengambil rumusan masalah “persepsi jamaah musholla Nurul Falah Kelurahan Tambakaji Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang terhadap tayangan sinetron Jodoh Wasiat Bapak di ANTV”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menjelaskan bagaimana persepsi narasumber terhadap film tersebut.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, yaitu sebagai penelitian lapangan yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dipahami subyek penelitian. Misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tidakan, dan lain-lain. Tekni pengumpulan data menggunakan in-dept interview (wawancara mendalam) dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Analisis kualitatif milik Miles dan Huberman yang dibagi menjadi tiga tahap yaitu data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing or verification (penarikan kesimpulan).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi jamaah musholla Nurul Falah Kelurahan Tambakaji Kecamatan Ngaliyan Kota Seamarang terhadap tayangan sinetron Jodoh Wasiat Bapak di ANTV dinyatakan baik berdasarkan pada aspek kognitif dan afektif dari narasumber.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Persepsi; Jamaah; Sinetron
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 20 Nov 2021 07:21
Last Modified: 20 Nov 2021 07:21
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13897

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics