Program pemberdayaan umat melalui koin NU di lembaga amil zakat infaq sedekah nadhlatul ulama (LAZISNU) Kabupaten Kendal

Asyik, Abdullah (2020) Program pemberdayaan umat melalui koin NU di lembaga amil zakat infaq sedekah nadhlatul ulama (LAZISNU) Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1401046048_Abdullah Asyik_Skripsi Lengkap.pdf] Text
1401046048_Abdullah Asyik_Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

NU CARE-LAZISNU Kabupaten Kendal memiliki program pemberdayaan masyarakat yang telah di sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi masyarakat Kendal. Program tersebut terbagi dalam empat pilar program yaitu program pendidikan, program kesehatan, program siaga bencana dan program ekonomi. Selain itu, masyarakat juga akan turut serta dalam pelaksanaan program tersebut. Program koin NU telah berjalan akan tetapi dalam proses pelaksanaannya masih ditemui hambatan-hambatan, baik hambatan dari eksternal yaitu masyarakat maupun dari internal kepengurusan. Beberapa poin inilah yang melatar belakangi rumusan masalah penulis, yaitu: pertama, bagaimana proses pemberdayaan umat melalui koin NU di NU CARE-LAZISNU Kabupaten Kendal dan kedua, bagaimana hasil dari program pemberdayaan umat melalui koin NU di NU CARE-LAZISNU Kabupaten Kendal. Jenis penelitian skripsi ini adalah penelitian kualitatif, pebelitian yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisa sesuai dengan fakta di lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain: metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan deskritif analisis dengan mengklarifikasi sesuai dengan permasalahan yang diteliti kemudian disusun dan dianalisa. Adapun hasil dari penelitian menunjukkan bahwa proses pemberdayaan masyarakat di NU CARE-LAZISNU Kabupaten Kendal diawali dengan mengidentifikasi masalah, menyusun rencana kegiatan kelompok, menerapkan kegiatan kelompok dan pemantauan yang telah dilaksanakan dalam empat bidang yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi dan siaga bencana. hasil pelaksanaan program pemberdayaan umat melalui koin NU tersebut memengaruhi perilaku masyarakat untuk rajin bersedekah meskipun nilainya tidak besar dan bagi yang menerima santunan mendapat manfaat dalam bentuk materi maupun non materi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Badan Amil Zakat; Zakat; Sedekah; Infaq; NU
Subjects: 300 Social sciences > 305 Social groups > 305.6 Religious group
300 Social sciences > 305 Social groups > 305.8 Ethnic and national groups
300 Social sciences > 360 Social services; association > 361 General social problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 20 Nov 2021 07:17
Last Modified: 20 Nov 2021 07:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13899

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics