Penerapan metode cerita Islami dalam mengembangkan karakter religius di Sekolah Dasar Negeri Ngaliyan 05 Semarang

Chema, Saaidah (2020) Penerapan metode cerita Islami dalam mengembangkan karakter religius di Sekolah Dasar Negeri Ngaliyan 05 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803016188_Saaidah Chema_lengkap] Text (Skripsi_1803016188_Saaidah Chema_lengkap)
Miss Saaidah Chema_1803016188_Full Skripsi - Saaidah Patani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai Penerapan Metode Cerita Islami dalam Mengembangkan Karakter Religius di Sekolah Dasar Negeri Ngaliyan 05 Semarang, dengan masalah (1) Bagaiamana Penerapan metode cerita Islami dalam megembangkan karakter religius di SDN Ngaliyan 05 Semarang, (2) Apakah faktor penunjang dan penghambat dalam penerapan metode cerita Islami dalam mengembangkarakter religius di SDN 05 Ngaliyan Semarang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, yaitu data-data yang ada berupa kata-kata bukan berupa angka atau data statistik. dalam memperoleh data-data tersebut penulis menggunakan studi pustaka dan studi lapangan, untuk melengkapi data-data yang ada penulis menggunakan beberapa metode: metode wawancara, dan metode dokumentasi.
Hasil ini penelitian diantaranya adalah Penerapan metode cerita Islami dalam mengembangkan karakter religius di SDN Ngaliyan 05 semarang yang diklasifikasikan pada persiapan, materi dan penyampaian, alat peraga dan evaluasi kesemuanya sudah baik. Dalam hal persiapan, pendidik sudah melakukan berbagai persiapan pribadi dan persiapan tenis secara optimal. Dalam hal materi dan penyampaian, pendidik di SDN Ngaliyan 05 semarang itu materi pelaksanaan dari model pengembangan terpacu pada RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), kemudian dibentuk RPP sebagai hasil dari pengembangan kurikulum. Materi yang digunakan sudah variatif, berisi dan disampaikan dengan baik, dalam hal Alat peraga pendidik SDN Ngaliyan 05 semarang menggunakan berbagai media diantaranya buku cerita, audio visual dan alat peraga. Dalam hal Evaluasi, pendidik juga sudah mengupayakan berbagaihal untuk memperbaiki penyampaian ceritanya dengan cara membuat pertanyaan dan mencerita kemabali untuk mengetahui sejauh mana peserti didik terdapat dalam cerita yang disampaikan.

Penerapan metode cerita Islami dalam mengembangkan karakter religius di SDN Ngaliyan 05 semarang memiliki faktor-faktor penunjang antara lain pendidik, Kesadaran siswa, Pendidik dan Lingkungan. Disamping penghambat itu juga memiliki hambatan Alat bercerita, Waktu, Lingkungan mayarakat dan pengaruh dari televisi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode cerita Islami; Karakter religius
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 28 Nov 2021 10:08
Last Modified: 28 Nov 2021 10:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13900

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics