Strategi dakwah RRI pro 4 Semarang melalui program wayang

Arifa, Irma Rusyda (2020) Strategi dakwah RRI pro 4 Semarang melalui program wayang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1501026146_Irma Rusyda Arifa_SKRIPSI LENGKAP] Text (1501026146_Irma Rusyda Arifa_SKRIPSI LENGKAP)
1501026146_Irma Rusyda Arifa_Lengkap Tugas Akhir.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

STRATEGI DAKWAH RRI PRO 4 SEMARANG MELALUI PROGRAM WAYANG
Irma Rusyda Arifa
(1501026146)
Perkembangan media massa saat ini sudah menjadi kebutuhan, dalam mendukung berbagai aspek kehidupan masyarakat, hal ini menjadi peluang sekaligus tantangan untuk media massa harus memiliki strategi, khususnya strategi dakwah agar media massa tetap eksis dan dapat mengikuti perkembangan zaman dan teknologi yang semakin canggih, dengan tetap menjunjung tinggi ajaran agama Islam. Radio Republik Indonesia (RRI) Pro 4 Semarang sebagai salah satu lembaga penyiaran publik yang turut memiliki strategi dakwah melalui program siaran radio, salah satunya dengan melahirkan program Wayang. Program wayang merupakan program unggulan dan ikon RRI Pro 4 Semarang, diudarakan setiap hari sabtu malam pukul 21.15 sampai 24.00 dengan format siaran langsung dan tidak langsung (reakaman). Bahasa yang digunakan oleh RRI Pro 4 khususnya program wayang adalah bahasa jawa krama dan jawa ngoko. Penggunaan bahasa menjadi salah satu implementasi Pro 4 RRI Semarang sebagai radio kanal budaya yang memiliki peran melestarikan dan mengembangkan budaya Jawa.
Wayang adalah salah satu seni budaya bangsa Indonesia yang menonjol di antara karya budaya lainya di Indonesia. wayang juga sebagai titik temu nilai budaya Jawa dan Islam adalah satu momentum yang sangat berharga khasanah budaya Jawa. Sejak zaman dahulu Wayang bagi masyarakat Jawa tidak hanya sebagai tontonan atau hiburan saja tetapi wayang juga sebagai tuntunan masyarakat Jawa. Program wayang mampu menjadi penghubung kehendak Dalang lewat alur cerita, sehingga dapat menginformasikan ajaran-ajaran Islam kepada Pendengar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi dakwah yang dilakukan oleh Program Wayang RRI Pro 4 Semarang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Data diperoleh melalui Wawancara dan Dokumentasi yang dilakukan penulis terhadap program Wayang.
Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah Program wayang menggunakan beberapa strategi untuk menyampaikan pesan dakwahnya melalui program wayang yaitu, melakukan pemetaan dakwah terdiri dari menentukan target atau sasaran dakwah dan menentukan jadwal siaran. Menentukan metode dakwah terdiri dari menentukan jenis strategi dakwah, menentukan format siaran, pembuatan filler (iklan) tentang Wayang. dan Melakukan evaluasi pada Program Wayang

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi;dakwah; Siaran; Wayang; RRI
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 20 Nov 2021 07:32
Last Modified: 20 Nov 2021 07:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13905

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics