Pengaruh kemampuan kognitif materi akhlak mulia terhadap perilaku sosial siswa di MTs Al Khoiriyah Semarang Kelas VIII

Murobi, Ahsan (2020) Pengaruh kemampuan kognitif materi akhlak mulia terhadap perilaku sosial siswa di MTs Al Khoiriyah Semarang Kelas VIII. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1403016010_Ahsan Murobi_full] Text (Skripsi_1403016010_Ahsan Murobi_full)
1403016010_Ahsan Murobi_Cover - ahsan murobi-digabungkan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Kemampuan Kognitif Materi Akhlak Mulia Terhadap Perilaku Sosial Siswa di MTs Al Khoiriyah Semarang Kelas VIII. Kajiannya dilatar belakangi oleh banyak siswa yang belajar Akidah Akhlak tetapi dalam dirinya belum terbentuk tata krama yang baik. Mulai dari kurang menaati tata tertib sekolah, bertutur kata dengan teman sebaya, menghormati guru dan tata cara berperilaku dengan lingkungan sosialnya.
Oleh karena itu peneliti bermaksud untuk mencari bagaimana kemampuan kognitif materi akhlak mulia di MTs Al Khoiriyah Semarang kelas VIII, bagaimana perilaku sosial siswa di MTs Al Khoiriyah Semarang kelas VIII, dan apakah ada pengaruh antara kemampuan kognitif materi akhlak mulia dengan perilaku sosial siswa di MTs Al Khoiriyah Semarang kelas VIII.
Tujuan penelitian ini adalah: 1). mengetahui kemampuan kognitif materi akhlak mulia di MTs Al Khoiriyah Semarang kelas VIII. 2) mengetahui perilaku sosial siswa di MTs Al Khoiriyah Semarang kelas VIII. 3) Menguji secara empiris pengaruh kemampuan kognitif konsep akhlak mulia dengan akhlak sosial siswa di sekolah kelas VIII di MTs Al Khoiriyah Semarang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Penelitian kuantitatif adalah penlitian yang pengumpulan datanya menggunakan instrumen, analisisnya bersifat kuantitatif atau statistik dan bertujuan untuk menguji hipotesis. Metode penumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode angket dan tes.
Sebelum instrumen disebarkan kepada responden, instrumen tersebut harus memiliki kriteria validitas dan reliabilitas. Setelah peneliti melakukan uji coba instrumen tes tentang Kemampuan Kognitif Materi Akhlak Mulia yang berjumlah 18 item soal dan angket tentang Perilaku Sosial yang berjumlah 25 item soal, diperoleh 15 soal tes tentang Kemampuan Kognitif Materi Akhlak Mulia dan 18 item soal angket tentang Perilaku Sosial yang dinyatakan valid dan reliabel. Dari masing-masing variabel X (Kemampuan Kognitif Materi Akhlak Mulia) 15 item soal dan variabel Y (Perilaku Sosial) 18 item soal angket yang valid dan reliabel, instrumen tersebut disebarkan kepada 27 siswa kelas VIII di MTs Al Khoiriyah Semarang.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diambil kesimpulan jawaban untuk mengetahui tujuan penelitian adalah sebagai berikut:
Setelah dicari dengan perhitungan statistik Kemampuan Kognitif Materi Akhlak Mulia MTs Al Khoiriyah Kelas VIII dengan mencari mean, interval, standar deviasi, dan kualitas kemampuan kognitif diketahui rerata sebesar 12 yang berada pada kriteria cukup.
Adapun perhitungan statistik Perilaku Sosial Siswa MTs Al Khoiriyah Kelas VIII dengan mencari mean, interval, standar deviasi, dan kualitas Perilaku Sosial diketahui rerata sebesar 82 yang berada pada kriteria cukup.
Sedangkan perhitungan statistik Pengaruh Kemampuan Kognitif Materi Akhlak Mulia Terhadap Perilaku Sosial Siswa Kelas VIII MTs AlKhoiriyah Semarang dengan korelasi product moment dan analisis regresi, dimana terdapat korelasi yang positif antara Pengaruh Kemampuan Kognitif Materi Akhlak Mulia (X) Terhadap Perilaku Sosial Siswa Kelas VIII MTs AlKhoiriyah Semarang (Y) dengan hasil rxy = 0,859 (arahnya positif) artinya hubungan antara Kemampuan Kognitif Materi Akhlak Mulia Terhadap Perilaku Sosial Siswa kuat. Hal ini terbukti berdasarkan analisis regresi satu prediktor yaitu, bahwa Ftabel pada taraf signifikansi 5% = 5,46 dan pada taraf signifikansi 1% = 1,09. Maka nilai Freg sebesar 3285,48 lebih besar daripada Ftabel, baik pada taraf signifikansi 1% maupun 5%. Persamaan regresinya Y= 6,81X-0,28.
Dengan demikian , hasilnya dinyatakan signifikan dan hipotesis yang diajukan diterima. Artinya ada pengaruh positif antara Kemampuan Kognitif Materi Akhlak Mulia Terhadap Perilaku Sosial Siswa Kelas VIII MTs Al Khoiriyah Semarang.
Penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi guru dalam mengajar atau menyampaikan materi akhlak mulia dan memberikan contoh tentang perilaku yang baik tentang perilaku sosial siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kemampuan kognitif; Akhlak; Prilaku sosial; MTs Al Khoiriyah Semarang
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 28 Nov 2021 10:22
Last Modified: 28 Nov 2021 10:22
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13912

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics