Pembelajaran holistik integratif pada anak autis di PAUD Holistik Inklusi Pelangi Pekalongan Tahun 2020

Rohmi, Ismaliya (2020) Pembelajaran holistik integratif pada anak autis di PAUD Holistik Inklusi Pelangi Pekalongan Tahun 2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1503106018_ISMALIYA ROHMI_FULL SKRIPSI] Text (Skripsi_1503106018_ISMALIYA ROHMI_FULL SKRIPSI)
1503106018_ISMALIYA ROHMI_FULL SKRIPSI - Ismaliya Rohmi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Masih banyak para orang tua dan masyarakat sekitar berpendapat bahwa anak autis atau anak berkebutuhan khusus tidak bisa melakukan kegiatan secara mendiri padahal jika anak yang autis di beri pendidikan dan perawatan yang tepat sesuai dengan kondisinya masih sangat memungkinkan bagi anak autis untuk hidup lebih baik dan mandiri.
Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana Pendidikan Holistik Integratif pada Anak Autis di PAUD Holistik Inklusi Pelangi Pekalongan Tahun 2020.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran Holistik Integratif pada Anak Autis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan pendidik atau guru dari PAUD Holistik Inklusi Pelangi Pekalongan. Pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian setelah data dikumpulkan, maka selanjutnya dilakukan analisis data dengan menggunakan teknik triangulasi.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pembelajaran Holistik Integratif pada Anak Autis di PAUD Holistik Inklusi Pelangi Pekalongan sangat efektif dari pembelajaran menggunakan metode klasikal tetapi tetap fokus pada perkembangan aspek anak sesuai dengan kamampuan anak. Selain itu gizi dan kesehatan anak juga diperhatikan dengan adanya deteksi dini tumbuh kembang anak, dan memeriksan makanan yang akan di konsumsi anak sebelum kegiatan makan bersama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran holistik integratif; Anak autis; PAUD Holistik Inklusi Pelangi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 26 Nov 2021 02:45
Last Modified: 26 Nov 2021 02:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13925

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics