Pemberdayaan perempuan melalui kelompok usaha bersama (KUBE) batik Srikandi di Desa Srikandang Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara

Burhan, Muhammad (2020) Pemberdayaan perempuan melalui kelompok usaha bersama (KUBE) batik Srikandi di Desa Srikandang Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1501046014_MUHAMMAD BURHAN_Skripsi lengkap.pdf] Text
1501046014_MUHAMMAD BURHAN_Skripsi lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Masalah kemiskinan merupakan persoalan mendasar yang menjadi perhatian pemerintah. Dengan berbagai program pro rakyat, pemerintah berusaha keras menurunkan angka kemiskinan. Penduduk yang dikategorikan miskin adalah mereka yang memiliki rata-rata pengeluaran per kapita per bulan di bawah garis kemiskinan. Dalam menghadapi masalah kemiskinan, salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mengurangi angka kemiskinan adalah dengan pemberdayaan. Dengan kegiatan pemberdayaan potensi yang dimiliki masyarakat didorong dan dioptimalkan untuk melawan faktor- faktor yang menyebabkan kemiskinan. Penelitian ini fokus pada dua permasalahan: 1). Bagaimana proses pemberdayaan perempuan melalui Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Batik Srikandi di Desa Srikandang Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara?, dan Bagaimana hasil dari pemberdayaan perempuan melalui Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Batik Srikandi di Desa Srikandang Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, sebab penelitian ini lebih menekankan analisis terhadap fenomena untuk menjawab pertanyaan penelitian. Teknik pengumpulan dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan uji keabsahan data. Setelah data terkumpul penulis menggunakan teknik analisa seperti reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses pemberdayaan perempuan melalui Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Batik Srikandi di Desa Srikandang Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara sudah berjalan dengan baik, mulai dari penyadaran, pengkapasitasan, pendayaan dan Capacity building dan Networking. Hasil dari program ini telah memberikan manfaat bagi anggota KUBE Batik Srikandi, mulai dari peningkatan perekonomian dan keterampilan membatik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat; Pekerja Perempuan; Membatik; Masalah sosial; Ketenagakerjaan
Subjects: 300 Social sciences > 305 Social groups > 305.3 People by gender or sex
300 Social sciences > 305 Social groups > 305.9 People by occupation and miscellaneous social statuses
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 27 Nov 2021 01:45
Last Modified: 27 Nov 2021 01:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13928

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics