Pemberdayaan masyarakat melalui program desa ternak mandiri Daarut Tauhiid peduli Jawa Tengah: studi pada kelompok peternak kambing di Desa Purwosari Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal

Supriyo, Jadi (2020) Pemberdayaan masyarakat melalui program desa ternak mandiri Daarut Tauhiid peduli Jawa Tengah: studi pada kelompok peternak kambing di Desa Purwosari Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1501046015_Jadi Suprio_Skripsi lengkap.pdf] Text
1501046015_Jadi Suprio_Skripsi lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Kemiskinan adalah masalah sosial yang harus dientaskan. Bahkan penyakit berbahaya yang wajib diobati. Islam memandang kemiskinan merupakan suatu hal yang mampu membahayakan aqidah, akhlaq, kelogisan berpikir, keluarga dan juga masyarakat. Islam pun menganggapnya sebagai musibah yang harus segera ditanggulangi. Dalam mengahadapi masalah kemiskinan, salah satu pendekatan pemecahan masalah ini yang dapat dilakukan adalah pemberdayaan masyarakat (community empowerment).. Karena melalui kegiatan pemberdayaan semua potensi yang dimiliki masyarakat didorong dan ditingkatkan untuk berdaya dalam melawan faktor-faktor yang menyebabkan kemiskinan. Penelitian ini fokus pada dua permasalahan: 1) Bagaimana proses pemberdayaan masyarakat melalui program desa ternak mandiri DT Peduli Semarang di Desa Purwosari Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal, dan 2) Bagaimana hasil pemberdayaan masyarakat melalui program desa ternak mandiri DT Peduli Jawa Tengah di Desa Purwosari Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal? Untuk menemukan jawaban dari rumusan masalah tersebut, Peneliti menggunakan metode kualitatif, karena penelitian ini lebih menekankan analisis terhadap suatu fenomena dan berorientasi untuk menjawab pertanyaan penelitian melalui cara berfikir formal dan argumentatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, penulis menggunakan teknik analisa Milles-Huberman seperti reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan untuk proses penganalisaan data. Pemberdayaan adalah sebuah proses dan tujuan. Sebagai proses, pemberdayaan adalah seragkaian kegiatan untuk memperkuat kekuasaan dan keberdayaan kelompok lemah dalam masyarakat komunal termasuk individu-individu yang mengalami masalah kemiskinan. Sebagai tujuan, maka pemberdayaan menunjuk pada keadaan atau hasil yang ingin dicapai oleh sebuah perubahan sosial, yaitu masyarakat yang berdaya, memiliki kekuasaan atau mempunyai pengetahuan dan kemampuan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. (Soeharto, 2014: 59-60). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses pemberdayaan masyarakat melalui program Desa Ternak Mandiri (DTM) DT Peduli Jawa Tengah di Desa Purwosari Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal sudah berjalan dengan baik, mulai dari seleksi lokasi, sosialisasi pemberdayaan masyarakat, proses pemberdayaan masyarakat dan pemandirian masyarakat. Program DTM memberikan hasil yang positif kepada penerima manfaat, mulai dari peningkatan perekonomian, keterampilan beternak dan keagamaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat; Kemiskinan; Masalah Sosial
Subjects: 300 Social sciences > 303 Social processes > 303.4 Social change
300 Social sciences > 305 Social groups > 305.5 People by social and economic levels
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 27 Nov 2021 01:55
Last Modified: 27 Nov 2021 01:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13931

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics