Peran komunitas harapan dalam pemberdayaan anak jalanan di Kampung Sumeneban Kelurahan Kauman Kecamatan Semarang Tengah Kota Semarang

Imrona, Imrona (2020) Peran komunitas harapan dalam pemberdayaan anak jalanan di Kampung Sumeneban Kelurahan Kauman Kecamatan Semarang Tengah Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1501046016_Imrona_Skripsi Lengkap.pdf] Text
1501046016_Imrona_Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan realitas yang ada, anak jalanan sering kali dilupakan kehadiranaya oleh masyarakat sekitar karena masyarakat beranggapan banwa merawat anak jalanan tidak memberikan keuntungan dari segi material. Anak jalanan mempunyai hak yang harus dipenuhi.salah satunya ialah hak mendapatkan mendidikan yang layak agar mampu mengembangkan kemampuan atau keterampilan serta dapat mengubah sikap agar dapat mengubah masa depan yang lebih baik. Pada dasarnya anak jalanan yang tinggal di komunitas harapan hanya mendapatkan kegiatan yang monoton seperti sekolah, lalu mengaji tanpa adanya pelatihan skill untuk menggali potensi yang ada pada diri mereka. Hal tersebut lah yang membuat komunitas harapan memberikan program pemberdayaan kepada anak jalanan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) bagaimana peran Komunitas Harapan dalam pemberdayaan anak jalanan di Kampung Semeneban Kelurahan Kauman Kecamatan Semarang Tengah Kota Semarang (2) bagaimana hasil pemberdayaan Komunitas Harapan terhadap anak jalanan di Kampung Semeneban Kelurahan Kauman Kecamatan Semarang Tengah Kota Semarang. Tujuan Penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui peran pembinaan anak jalanan di Komunitas Harapan di Kampung Sumeneban Kelurahan Kauman Kecamatan Semarang Tengah Kota Semarang (2) mendeskripsikan mengenai hasil yang telah di capai oleh Komunitas Harapan dalam memberdayakan anak jalanan di Komunitas Harapan di Kampung Sumeneban Kelurahan Kauman Kecamatan Semarang Tengah Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa teknik observasi, wawancara dan dokumentasi untuk mendapatkan data. Teknik analisis datanya menggunakan Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display), Penarikan Kesimpulan (Conclusion Drawing/Verification). Hasil dari penelitian menunjukan bahwa: (1) Peran Komunitas Harapan dan Dalam Pemberdayaan anak jalanan Melalui Program pendidikan luar sekolah, dan praktek pembuatan daur ulang bahan bekas, merujuk kepada dua tahapan. Yaitu: pertama Peran Fasilitatif, kedua Peran Edukatif, Dimana komunitas harapan melakukan pemberdayaan melalui peranan tersebut. (2) Hasil dari peran komunitas harapan dalam pemberdayaan, anak jalanan mampu berpartisipasi dengan kegiatan yang dilakukan komunitas harapan melalui program yang diberikan komunitas harapan, dapat memberi motivasi kepada anak-anak untuk tidak kembali ke jalanan lagi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Masalah Sosial; Masalah Sosial; Kesejahteraan Masyarakat; kemiskinan; Anak Jalanan
Subjects: 300 Social sciences > 303 Social processes > 303.4 Social change
300 Social sciences > 305 Social groups > 305.2 Age group
300 Social sciences > 305 Social groups > 305.5 People by social and economic levels
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 27 Nov 2021 02:04
Last Modified: 27 Nov 2021 02:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13934

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics