Peran karang taruna pamekar dalam pengembangan masyarakat melalui budidaya pepaya di Desa Sambung Kecamatan Gajah Kabupaten Demak

Fauziah, Nailin Sitta (2020) Peran karang taruna pamekar dalam pengembangan masyarakat melalui budidaya pepaya di Desa Sambung Kecamatan Gajah Kabupaten Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1501046055_Nailin Sita Fauziyah_Skripsi lengkap.pdf] Text
1501046055_Nailin Sita Fauziyah_Skripsi lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (766kB)

Abstract

Peran karang taruna dapat diartikan sebagai perilaku yang diaturdan diaharapkan dari seseorang dalam posisi tertentu. Hakekat peran juga dapat diartikan sebagai rangkaian yang ditimbulkan oleh jabatan tertentu. Melalui peran karang taruna untuk mengembangkan masyarakat melalui budidaya pepaya yang akan membawa perubahan bagi masyarakat terutama pemuda di Desa Sambung Kecamatan Gajah Kabupaten Demak. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran dan hasil karang taruna melalui budidaya pepaya untuk meningkatkan kesejahteraan, membuka lapangan pekerjaan bagi para pemuda atau masyarakat, serta perubahan dalam lingkungannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, sedangkan pendekatannya menggunakan pendekatan sosiologis. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik, yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan 1) Reduksi Data (Data Reduction), 2) Penyajian Data (Data Display), 3) Penarikan Keimpulan (Conclusion Drawing/Verification). Subyek penelitian ini adalah pemuda karang taruna pamekar dan masyarakat sekitarnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Peran Karang Taruna Dalam Pengembangan Masyarakat Melalui Budidaya Pepaya (2) Apa hasil Pengembangan yang Dilakukan Karang Taruna Melalui Budidaya Pepaya. Untuk mendapatkan jawaban diatas, maka peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif untuk menggambarkan keadaan objek penelitian. Dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Kemudian menggunakan analisis data yang dikemukakan oleh Miles and Huberman seperti teknik reduksi data, penyajian data kemudian verifikasi data kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peran karang Taruna Pamekar Yang Melalui Budidaya Pepaya merujuk kepada empat tahapan. Yaitu: pertama Peran fasilitatif, Kedua Peran Pendidikan, Ketiga Peran Perwakilan dan Keempat Peran Keterampilan Teknik. Dimana karang taruna melakukan pemberdayaan melalui peranan tersebut. (2) Hasildariperankarangtarunadalam pemberdayaan, Masyarakat mampu berpartisipasi dengan kegiatan yang dilakukan oleh pemuda karang taruna melalui budidaya pepaya, tingkat kesejahteraan masyarakat meningkat, terbukanya lapangan pekerjaan bagi para pemuda, desa memiliki identitas yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat; Kesejahteraan Sosial; Masalah Sosial; Kemiskinan; Masyarakat Pinggiran
Subjects: 300 Social sciences > 303 Social processes > 303.4 Social change
300 Social sciences > 305 Social groups > 305.5 People by social and economic levels
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 27 Nov 2021 02:58
Last Modified: 27 Nov 2021 02:58
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13954

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics