Bimbingan keagamaan pada narapidana kasus asusila di Rumah Tahanan Negara Kelas II-B Kebumen : analisis fungsi bimbingan konseling Islam

Ikromah, Ikromah (2020) Bimbingan keagamaan pada narapidana kasus asusila di Rumah Tahanan Negara Kelas II-B Kebumen : analisis fungsi bimbingan konseling Islam. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1401016036_IKROMAH] Text (SKRIPSI_1401016036_IKROMAH)
SKRIPSI_1401016036_IKROMAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data yang peneliti gunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekender. Sumber data primer penelitian ini adalah pembimbing agama dan narapidana, sedangkan sumber data sekunder adalah petugas atau staf Rumah Tahanan Negara dan literatur yang menunjang data penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode anilisis data menggunakan model Milles dan Huberman, meliputi, reduction data, display data dan verifitation. menguggunakan metode triangulasi.
Pertama, pelaksanaan kegiatan bimbingan keagamaan yang dilakukan di Rumah Tahanan Negara Kelas II-B Kebumen dapat dilihat di berbagai aspek yaitu: Pembimbing agama dari Kementrian Agama Kabupaten Kebumen, tokoh agama atau kyai dan dosen. Narapidana yang ditangani dalam kegiatan bimbingan keagamaan ini narapidana kasus asusila. Materi yang diberikan dalam kegiatan bimbingan keagamaan lebih menekankan kepada aspek akhlak dengan tujuan agar narapidana kasus asusila dapat merubah akhlaknya menjadi lebih baik. Metode bimbingan keagmaan yang digunakan metode ceramah, metode diskusi, dan metode tanya jawab. Namun, untuk metode dalam bimbingan keagamaan lebih menekankan pada metode ceramah. Bentuk kegiatan bimbingan keagamaan yang ada di Rumah Tahanan Negara Kelas II-B Kebumen meliputi: ceramah agama atau kajian keagamaan, peringatan hari besar Islam seperti Maulid Nabi Muhammad, Rajab, Ramadhan meliputi ibadah puasa, salat trawih berjamaah, buka bersama, tadarus Al-Qur’an, Hari Raya Idul Adha dan Idul Fitri, Mujahadah, Shalat sunah malam.
Kedua, analisis fungsi bimbingan konseling Islam. Fungsi bimbingan konseling Islam mengarahkan pada suatu kebaikan dan tentunya akan bermanfaat bagi kehidupan selanjutnya. Kegiatan bimbingan keagamaa yang ada di Rumah Tahanan Negara Kelas II-B mengutamakan fungsi penyembuhan, fungsi perbaikan, fungsi penyesuaian dan fungsi pemeliharaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan keagamaan; Narapidana; Kasus asusila; Bimbingan Konseling Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Poerwanto Pwt
Date Deposited: 29 Nov 2021 03:55
Last Modified: 29 Nov 2021 03:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13963

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics