Penyelenggaraan tradisi haul Syeikhuna Hasan Muhibal di Desa Giri Kusumo Banyumeneng Mranggen Demak dalam prespektif actuating dakwah

Fadli, Riza (2020) Penyelenggaraan tradisi haul Syeikhuna Hasan Muhibal di Desa Giri Kusumo Banyumeneng Mranggen Demak dalam prespektif actuating dakwah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1401036002] Text (1401036002)
Riza Fadli_1401036002_Full Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini disusun oleh Riza Fadli NIM: 1401036002 dengan judul: “Penyelenggaraan Tradisi Haul Seikhuna Hasan Muhibal di Desa Giri Kusumo Banyumeneng Mranggen Demak (Prespektif Actuating Dakwah) UIN Walisongo Semarang. Pelaksanaan kegiatan meliputi menentukan, mengelompokan, mencapai tujuan, penugasan orang-orang dengan memperhatikan lingkungan fisik, sesuai dengan kewenangan yang dilimpahkan terhadap setiap individu untuk melaksanakan kegiatan. Tradisi Haul Syeikhuna Hasan Muhibal di Desa Giri Kusumo Banyumeneng Mranggen Demak dilaksanakan di bulan Rojab tepatnya pada tanggal 12 Rajab. Bulan Rajab menurut orang Jawa bulan dan hari yang tepat untuk mengadakan suatu permohonan kepada Tuhan Yang Maha Esa supaya mendapat berkah dan keselamatan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana Penyelenggaraan Tradisi Haul Syeikhuna Hasan Muhibal di Desa Giri Kusumo Banyumeneng Mranggen Demak?, 2) Bagaimana Actuating dakwah yang ada di tradisi haul Syeikhuna Hasan Muhibbal Desa Giri Kusumo Banyumeneng Mranggen Demak?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Penyelenggaraan Tradisi Haul Syeikhuna Hasan Muhibal di Desa Giri Kusumo Banyumeneng Mranggen Demak dan mengetahui bagaimana Actuating dakwah yang ada di tradisi haul Syeikhuna Hasan Muhibbal Desa Giri Kusumo Banyumeneng Mranggen Demak. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, adapun sumber datanya yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis datanya menggunakan deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penyelenggaraan Tradisi Haul di Makam Syeikhuna Muhibal dilaksanakan setiap satu tahun sekali pada tanggal 12 Rajab. Penyelenggaraan tradisi haul dijadikan sebagai perhatian bagi pemerintah kabupaten Demak agar tradisi yang ada tidak hilang dan tetap dilestarikan oleh masyarakat penduduknya. Penyelenggaraan tradisi haul tersebut dilaksanakan dimakam Syeikhuna Muhibal Desa Giri Kusumo Banyumeneng Mranggen Demak. Perencanaan dilakukan dengan membuat program kerja kemudian diorganisir dengan pembagian kerja. Kemudian penyelenggaraan dalam pelaksanaan program kerja dilakukan oleh pengurus panitia berdasarkan pembagian tugas kerja yang ada. Pemberian motivasi, bimbingan dan pengarahan. Perlunya pengawasan terhadap acara kegiatan yang telah terlaksana dalam penyelenggaraan tradisi haul Syeikhuna Hasan Muhibal. Selain itu, dalam pelaksanaan acara kegiatan juga didukung dengan adanya unsur-unsur manajemen yang terdiri dari manusia, uang, materi, mesin, metode dan market. Acara Penyelenggaraan tradisi haul tersebut memiliki nilai-nilai dakwah yang terkandung dalam ayat al-Qur’an surat an- Nahl ayat 125 “Artinya Ajaklah ke jalan Tuhanmu dengan hikmah, tutur kata yang baik, dan berdiskusilah dengan mereka yang baik.
Penggerakan (Actuating ) dakwah merupakan inti dari manajemen dakwah penyelenggaraan tradisi haul Syeikhuna Hasan Muhibal, karena dalam proses ini semua aktivitas dakwah dilaksanakan. Dalam penggerakan dakwah ini, pimpinan menggerakkan semua elemen untuk melakukan semua aktivitas dakwah yang telah direncanakan. Penggerakan dakwah merupakan salah satu dari fungsi manajemen, yaitu seluruh proses pemberian motivasi kerja para bawahan sedemikian rupa, sehingga mereka mampu bekerja dengan ikhlas demi tercapainya tujuan organisasi dengan efisien dan ekonomis.
Adanya penggerakan akan mendorong agar penyelenggaraan tradisi haul Syeikhuna Muhibal dapat berjalan dengan baik pula. Berikut ini beberapa hal yang mendukung dalam proses penyeenggaraan tradisi haul Syeikhuna Muhibal yaitu: Dorongan (Motivating), Bimbingan (Leading), dan Perintah/pengarahan (Directing) Dalam penyelenggaraan tradisi haul di Makam Syeikhuna Muhibal perintah/arahan secara langsung yaitu berkomunikasi secara langsung kepada pihak yang bersangkutan. Sedangkan bentuk dari perintah/arahan secara tidak langsung yaitu berupa surat tugas dari desa untuk mengelola makam yang berada di desa Giri Kusumo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Tradisi; Haul; Syekhuna Hasan Muhibal; Giri Kusumo; Banyumeneng
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.14 Religious Ceremonial Laws and Decisions
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.6 Islamic history
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 27 Nov 2021 03:42
Last Modified: 27 Nov 2021 03:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13968

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics