Penerapan fungsi manajemen dalam pelatihan manasik haji di Kementerian Agama Kabupaten Tegal tahun 2019

Wicaksana, M Ressi (2021) Penerapan fungsi manajemen dalam pelatihan manasik haji di Kementerian Agama Kabupaten Tegal tahun 2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1401036005] Text (1401036005)
1401036005_M RESSI WICAKSANA_Lengkap Tugas.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Judul : Penerapan Fungsi Manajemen dalam Pelatihan Manasik Haji di
Kementerian Agama Kabupaten Tegal Tahun 2019
Penulis : M Ressi Wicaksana
NIM : 1401036005
Penelitian dengan judul “Penerapan Fungsi Manajemen dalam Pelatihan Manasik Haji di Kementerian Agama Kabupaten Tegal Tahun 2019” Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui bagaimana Manajemen pelatihan Manasik Haji yang dilakukukan oleh Kementerian Agama Kabupaten Tegal serta faktor penghambat dan faktor pendukung pelaksanaan Pelatihan Mansik Haji yang dilakukan oleh Kementerian Agama Kabupaten Tegal.
Penulis menggunakan penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang – orang atau perilaku yang dapat diamati. Sumer data penelitian yang digunakan adalah sumber data primer berupa informasi-informasi dari lapangan melalui pengamatan secara langsung di kementerian agama kabupaten tegal tentang kegiatan manasik haji yang di laksanakan oleh Kementerian Agama Kabupaten Tegal, kemudian data sekunder berupa buku-buku, data-data dokumentasi yang dimiliki oleh Kementerian Agama Kabupaten Tegal. Untuk teknik pengumpulan data yag digunakan antara lain; Metode Observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1). Kementerian Agama Kabupataen tegal dalam pelakukan penyeleggaraan mansik haji selalu menerapkan fungsi – fungsi mnajemen 2). Selalu melakukan perencanaan kegiatan 3). Dalam setiap pelaksanaan manasik selalu melakukan pengorganisasian dengan cara memabagi tugas sesuai tanggung jawab masing – masing 4). Menggerakan anggota dengan selalu memberikan motivasi agar anggota lebih semangat dalam melaksanakan tanggungjawabnya sehingga tujuan yang diharapkan bisa tercapai 5). Selalu melakukan pengawasan selama kegiatan berlangsung sehingga dapat diminamalsir penyimpngan – penyimpangan dan kendala - kendala yang mungkin saja terjadi secara takterduga.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Manasik haji; Kemenag
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 27 Nov 2021 04:00
Last Modified: 27 Nov 2021 04:00
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13973

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics