Strategi dakwah almarhum K.H. Zainul Arifin di Kota Banjarnegara

Prasetyo, Wiwit (2020) Strategi dakwah almarhum K.H. Zainul Arifin di Kota Banjarnegara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1401036013_WIWIT PRASETYO_SKRIPSI LENGKAP] Text (1401036013_WIWIT PRASETYO_SKRIPSI LENGKAP)
1401036013_WIWIT PRASETYO_Lengkap Tugas Akhir.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Judul : Strategi Dakwah Almarhum K.H. Zainul Arifin di Kota Banjarnegara
Nama : Wiwit Prasetyo
NIM : 1401036013

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh melihat minimnya akidah, pemahaman syar’ah dan akhlak masyarakat khususnya kaum muda pada saat itu, mendorong Alm KH. Zainul Arifin berkeinginan teguh untuk menyebarkan dakwahnya melalui berbagai strategi yang dilakukan baik melalui jalur pendidikan pondok pesantren, pengajian, akademisi dan organisasi keagamaan yang arahnya menuju terciptanya akhlakul karimah pada diri masyarakat khususnya di Banjarnegara, sehingga berbagai strategi dakwah yang dilakukan Alm KH. Zainul Arifin perlu diteliti lebih lanjut.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana strategi dakwah Alm KH. Zainul Arifin di Kota Banjarnegara ?. 2) Apa faktor pendukung dan penghambat strategi dakwah Alm KH. Zainul Arifin di Kota Banjarnegara ?
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Data di peroleh dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis data dengan tahapan data reduksi, data display dan verification data/ conclusion drawing.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Strategi dakwah Alm KH. Zainul Arifin di Kota Banjarnegara dilakukan baik secara bil lisan maupun bil hal dengan tiga strategi dakwah, yaitu sentimental, rasional, dan indrawi. beliau lebih menekankan pada strategi dakwah sentimental yang melibatkan hati setiap ma’uduk dengan pendekatan kasih sayang, lemah lembut adanya dialog, bercanda yang penuh dengan filsafat. Strategi dakwah belaiau dilakukan berbagai metode yaitu metode hikmah, metode bil lisan, metode keteladanan dan metode silaturahmi, keseluruh tingkatan masyarakat, tidak memandang kepada siapa beliau berdakwah, mudah bergaul, dan dilingkungan rumah cenderung lebih mengayomi masyarakat, materi yang disampaikan ditekankan pada materi aqidah, syari’ah, akhlak dan ahlussunnah wal jamaah. Wujud strategi tersebut di lakukan melalui pendirian dan pengasuhan, Pondok Pesantren Nurul Quran, pengajian, Organisasi Keagamaan dengan aktif di MWC NU Banjarnegara, MUI, FKUB BAZNAS, LAZIZNU, dakwah bidang akademis dengan menjadi guru dan Dosen, dalam setiap kegiatan yang dilakukan beliau lebih banyak memotivasi, menjadi teladan, dan menekankan keihlasan dalam berdakwah di masyarakat. 2) Faktor pendukung strategi dakwah Alm KH. Zainul Arifin di Kota Banjarnegara, terkait, Kepemimpinan Alm KH. Zainul Arifin penuh dengan pemberian bimbingan dan contoh tauladan, Alm KH. Zainul Arifin adalah sosok pendorong secara pribadi dan kelompok dalam organisasi, adanya keterlibatan masyarakat dalam dakwah, mementingkan fasilitas ppesantren dan kualitas pendidikan, melakukan dakwah ke semua lapisan masyarakat baik akademisi, santri, masyarakat perkotaan sampai masyarakat perdesaan, dan Alm KH. Zainul Arifin orangnya dermawan, dan ahli shadaqah, sedangkan penghambat terkait kurangnya kesadaran terhadap pentingnya ilmu pada santri yang dipaksa orang tua mondok, kesibukan dari pengurus MWC menjadikan setiap diskusi dan rapat tidak bisa semua hadir, padatnya jadwal Alm KH. Zainul Arifin, tidak semua masyarakat merima secara langsung strategi dakwah beliau, heterogenitas mahasiswa yang menjadikan semua materi dakwah beliau dapat dipahami, transportasi untuk berdakwah Alm KH. Zainul Arifin yang kurang memadai , karena pada saat itu uangnya dipakai untuk membangun pondok

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi; Dakwah; K.H. Zainul Arifin
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 27 Nov 2021 04:11
Last Modified: 27 Nov 2021 04:11
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13981

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics