Penerapan fungsi planning program kegiatan Masjid Jogokariyan Yogyakarta tahun 2019-2023

Ikbar, Mahasien Rafidh (2020) Penerapan fungsi planning program kegiatan Masjid Jogokariyan Yogyakarta tahun 2019-2023. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1401036037_Mahasien Rafidh Ikbar_SKRIPSI LENGKAP] Text (1401036037_Mahasien Rafidh Ikbar_SKRIPSI LENGKAP)
1401036037_Mahasien Rafidh Ikbar_Lengkap Tugas Akhir.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Mahasien Rafidh Ikbar. 1401036037. Penerapan fungsi Planning dalam Pelaksanaan Kegiatan Masjid Jogokariyan Yogyakarta Tahun Kepengurusan 2019-2023.

Masjid mempunyai peranan yang sangat besar bagi kaum muslimin, dan mempunyai arti yang sangat luas dalam berbagai aspek kehidupan. Masjid merupakan barometer kegiatan kaum muslimin dan sangat menentukan kualitas umat Islam dan kualitas masyarakat seluruhnya. Masjid memiliki fungsi strategis dalam masyarakat Islam. Selain sebagai tempat ibadah, masjid juga berfungsi sebagai media pembinaan umat. Masyarakat Islam yang menjadikan masjid sebagai sentral aktivitasnya, maka akan mencapai model masyarakat ideal, yakni masyarakat madani atau masyarakat yang berperadaban. Perlu dicarikan cara untuk menanggulangi belum maksimalnya peran masjid dalam membina umat, salah satunya dengan membuat perencanaan kegiatan masjid yang tepat dan berkualitas. Di tengah realitas kurangnya penerapan manajemen oleh lembaga dakwah, ada keunikan yang peneliti temukan di salah satu masjid di Yogyakarta. Masjid Jogokariyan salah satunya adalah susunan kepengurusan yang jumlahnya hingga ratusan anggota pengurus serta program kegiatan saldo nol rupiah yang sangat jarang dijalankan oleh masjid lainnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Program Kegiatan Masjid Jogokariyan Yogyakarta dan Bagaimana Penerapan Fungsi Planning dalam Kegiatan Masjid Jogokariyan Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, karena penelitian ini lebih menekankan analisis terhadap suatu fenomena dan berorientasi untuk menjawab pertanyaan penelitian melalui cara berfikir formal dan argumentatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, langkah selanjutnya adalah menganalisis data tersebut dengan pendekatan manajemen strategi, dengan tahapan analisis yaitu reduksi data, penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah susunan program kegiatan Masjid Jogokariyan Yogyakarta dan penerapan fungsi planning dalam kegiatan Masjid Jogokariyan Yogyakarta. Program kegiatan yang dirancang oleh masjid jogokariyan menggunakan manajemen yang sangat modern dan inovatif. Terlihat dari Masjid Jogokariyan yang berhasil menjadi Masjid Percontohan Nasional dibidang manajemen masjid. Penerapan fungsi planning di Masjid Jogokariyan sangat terdukung oleh keseriusan pengurus Masjid Jogokariyan seperti berhasilnya Masjid Jogokariyan dalam mempertahankan pola perencanaan yang sistematis dan terukur seperti halnya Skenario Planning, Langkah-langkah Manajemen dan Prinsip Manajemen.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Planning; Program; Masjid Jogokariyan; Yogyakarta
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 27 Nov 2021 04:30
Last Modified: 27 Nov 2021 04:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13984

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics