Analisis terhadap pelaksanaan pencatatan pernikahan pada Majelis Agama Islam Wilayah Pattani (Thailand Selatan)

Buenae, Mr. Irfan (2020) Analisis terhadap pelaksanaan pencatatan pernikahan pada Majelis Agama Islam Wilayah Pattani (Thailand Selatan). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_1802016140] Text (SKRIPSI_1802016140)
1802016140_Mr. Irfan Buenae_Full Skripsi - Irfan buenae.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Lembaga yang berwewenang untuk pencatatan pernikahan di Thailand tidak hanya di Pengadilan Negeri saja tetapi juga di Majelis Agama Islam yang menangani khusus untuk masyarakat yang beragama Islam. jadi, ada dua lembaga yang menangani tentang pencatatan pernikahan yang berbeda cara pelaksanaannya, namun pencatatan pernikahan yang dikeluar oleh MAI tidak di sah secara hukum negara sedangkan MAI adalah lembaga yang disah oleh negara dan diakuinya untuk menangani ususan hukum keluarga bagi warga negar yang beragama Islam khususnya di Thailand selatan, namun kewenangannya juga terbatas, dan sekiranya pasangan suami istri tidak mencatat pencatatan pernikahan di MAI tapi langsung mencatat di PN juga menjadi kekeliruan terhadap pandangan masyarakat dan diduga bahwa pasangan suai istri itu tidak menikah secara Islam karena tidak ada surat bukti dari MAI. Lalu, bagaimanakah untuk melaksanakan pencatatan pernikahan supaya disah oleh mata hukum negara dan mata hukum Islam dengan efektifnya.
Penelitian yang berjudul “Analisis terhadap Pelaksanaan Pencatatan Pernikahan pada Majelis Agama Islam Wilayah Pattani (Thailand selatan)” merupakan hasil penelitian yuridis empiris untuk menjawab pertanyaan, 1). Bagaimana pelaksanaan pencatatan pernikahan di Majelis Agama Islam Wilayah Pattani, 2). Bagaimana pandangan hukum Islam terkait dengan pencatatan pernikahan yang berlaku di Majelis Agama Islam Wilayah Pattani.
Penelitian ini merupakan penelitian normatif-empiris, dalam metode ini penyusun mencari data ketempat penelitian yaitu Majelis Agama Islam Wilayah Pattani (MAIP) Thailand selatan dan mengkajikan terkait dengan undang-undang positif tentang hukum keluarga yang berlaku di Majelis Agama Islam sesuai dengan kenyataan yang berlaku di tempat atau di masyarakat. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah berupa wawancara dengan petugas Majelis Agama Islam dan mengguna teknik pengumpulan data secara dokumentasi dan perpustakaan, kemudian analisis data dilakukan dengan memberi makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Subjek penelitian adalah yang menjadi subjek sekaligus sumber informasi adalah timbalan yang dipertua Majelis Agama Islam Wilayah Pattani Thailand selatan yaitu H. Shihabuddin bin Walong dan staf-staf atau anggota lainnya, hal ini dilakukan untuk mengetahui pencatatan pernikahan dalam perspektif hukum keluarga Islam di Majelis Agama Islam Wilayah Pattani Thailand selatan.
Hasil akhir penelitian ini adalah bahwa pencatatan pernikahan di Majelis Agama Islam adalah ikatan antara laki-laki dan perempuan sebagai suami istri yang sah secara Islam dengan akad nikah. (Pasal 22 tentang pernikahan hukum keluarga Islam bab I). Dalam hal pencatatan pernikahan, hukum Islam di Thailand selatan mengatur secara jelas bahwa pernikahan itu harus dicatat. Kemudian pencatatan pernikahan menjadi suatu yang penting bagi keabsahan pernikahan karena pernikahan yang dicatatkan akan memberikan kepastian dan perlindungan hukum bagi suami istri dan anak-anak serta memberi jaminan dan perlindungan terhadap hak-hak tertentu yang timbul karena pernikahan antara lain hak untuk mewaris dan terdapat bahwa pencatatan pernikahan yang dicatat di Pengadilan Negeri bagi seluruh rakyat Thailand dan pencatatan pernikahan yang dicatat di Majelis Agama Islam khususnya orang Islam di empat wilayah Thailand selatan, maka pernikahan itu telah mendapatkan kepastian dan perlindungan hukum.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Nikah; pencatatan nikah; Pattani
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 27 Nov 2021 04:39
Last Modified: 27 Nov 2021 04:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13991

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics