Pemasaran pendidikan di SMP Almunawwir Gringsing Batang

Anam, Misbachul (2021) Pemasaran pendidikan di SMP Almunawwir Gringsing Batang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of NIM_1403036065_Skripsi Lengkap] Text (NIM_1403036065_Skripsi Lengkap)
1403036065_Misbachul Anam_Lengkap Tugas Akhir - Anam Maoelana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pemasaran pendidikan di SMP Almunawwir Gringsing Batang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data-data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan pendekatan induktif dan menggunakan uji validitas dengan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pemasaran pendidikan di SMP Almunawwir Gringsing menggunakan Strategi bauran dan manajemen pemasaran adapun strategi bauran yang dilakukan yang pertama mengenalkan produk, kedua harga, ketiga lokasi, dan keempat promosi. untuk manajemen pemasaran pendidikan di SMP Almunawwir Gringsing menggunakan konsep manajemen yang dimulai dari tahap: perencanaan yaitu dengan menyusun perangkat pemasaran meliputi rencana tanggal pelaksanaan, target yang dituju, cara pelaksanaan pemasaran pendidikan dan tim pelaksana penerimaan peserta didik. Pelaksanaan meliputi tanggal pelaksanaan pemasaran daerah pemasaran dan target yang dituju yaitu sekolah SD/MI sekitar, pemasangan spanduk, penyebaran brosur dan melakukan sosialisasi ke masyarakat. Evaluasi dilaksanakan pada tengah semester, akhir semester dan akhir tahun dalam tahapan waktu tertentu yaitu tentang bagaimana realisasinya dan jika terjadi kendala maka akan dipecahkan dan dicari solusi bersama demi menjaga kualitas pendidikan.
Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat menjadi bahan pemikiran, informasi, dan masukan tentang pemasaran pendidikan bagi lembaga pendidikan, para pemikir pendidikan, mahasiswa, dan seluruh pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: strategi dan manajemen pemasaran pendidikan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Ahlis Ahwan
Date Deposited: 04 Dec 2021 00:24
Last Modified: 04 Dec 2021 00:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13992

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics