Bimbingan keagamaan Islam melalui shalat fardhu bagi kesehatan psikis pasien di Rumah Sakit Islam Muhammadiyah Kendal

Mahmudah, Mahmudah (2021) Bimbingan keagamaan Islam melalui shalat fardhu bagi kesehatan psikis pasien di Rumah Sakit Islam Muhammadiyah Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1401016090 _Mahmudah] Text (SKRIPSI_1401016090 _Mahmudah)
SKRIPSI_1401016090 _Mahmudah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi pasien yang ada di Rumah Sakit Islam Muhammadiyah Kendal sebagian besar terbiasa meninggalkan kewajiban shalat karena alasan dalam keadaan sakit dan menganggap sakit hanya terkait dengan fisik, maka yang dibutuhkan obat. Padahal penyakit fisik yang dialami oleh para pasien di rumah sakit seperti di Rumah Sakit Islam Muhammadiyah Kendal bisa disembuhkan dengan menekankan pasien melakukan shalat lima waktu, karena menjadikan pasien lebih dekat dengan dzat yang maha penyembuh. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan bimbingan keagamaan Islam melalui shalat fardhu bagi kesehatan psikis pasien di Rumah Sakit Islam Muhammadiyah Kendal?
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif, sumber data primer adalah asisten manager Bimbingan Rohani, Petugas Bimbingan Rohani, dan pasien, sumber data sekunder berupa , buku, artikel, jurnal yang berkaitan dengan bimbingan keagamaan Islam, data diperoleh melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang sudah dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi, tahap penyeleksian dan tahap kesimpulan
Hasil penelitian menunjukan bahwa: pelaksanaan bimbingan keagamaan Islam melalui shalat fardhu bagi kesehatan psikis pasien di Rumah Sakit Islam Muhammadiyah Kendal dilakukan karena pasien selain karena penyakitnya tersebut, sehingga pasien cenderung gelisah, kurang semangat dan mengeluh dan kurang bersyukur terhadap penyakit yang dideritanya, oleh karena pembimbing melaksanakan bimbingan melalui shalat fardhu, bimbingan ini berfungsi memberikan sebuah terapis yaitu tentang mengingat Allah swt, Allah sebagai sumber dari segala kejadian yang dialami. Proses pelaksanaan dilakukan pada Semua pasien yang masuk dalam kategori rawat inap mereka akan di fisip oleh petugas bimroh dan diberi sebuah bimbingan, bimbingan itu diantaranya adalah bimbingan agama yang meliputi mengarahkan, mengingatkan mengajari untuk melaksanakan sholat lima waktu, baik rukun shalat, syarat syah shalat, hal-hal yang membatalkan shalat, tayamum dan tatacara shalat dalam keadaan sakit/darurat, dzikir dan doa setelah shalat, bahkan bagi pasien yang belum bisa melaksanakan tata cara berwudhu atau tayamum maka diajarilah oleh petugas bimroh, media yang digunakan dalam bimbingan yaitu media elektronik berupa pengeras suara, dan media berupa buku liflet, sedangkan metode yang digunakan Metode ceramah dan Metode praktikum, pelaksanaanb bimbingan yang telah dilakukan kemudian dievaluasi secara kontinyu baik melalui evaluasi bulanan, evaluasi triwulan dan melalui evaluasi setiap semester.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan keagamaan Islam; Shalat fardhu; Kesehatan psikis; Pasien
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 616 Diseases
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Poerwanto Pwt
Date Deposited: 29 Nov 2021 03:59
Last Modified: 29 Nov 2021 03:59
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13995

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics