Manajemen pembelajaran madrasah : studi kasus di Madrasah Tsanawiyah Raudlatul Ulum Guyangan Trangkil Pati

Salafi, Salafi (2020) Manajemen pembelajaran madrasah : studi kasus di Madrasah Tsanawiyah Raudlatul Ulum Guyangan Trangkil Pati. Dr/PhD thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of DISERTASI_1500039006_SALAFI] Text (DISERTASI_1500039006_SALAFI)
DISERTASI_1500039006_SALAFI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menemukan manajemen pembelajaran Madrasah Tsanawiyah Raudlatul Ulum dengan unsur-unsur (1) perencanaan program pembelajaran, (2) pengorganisasian program pembelajaran melalui alokasi waktu, peran dan tugas guru dan sumber belajar, (3) bentuk pelaksanaan program pembelajaran, (4) pengawasan/evaluasi program pembelajaran. Kasus yang diteliti adalah program pembelajaran Madrasah Tsanawiyah Raudlatul Ulum.
Untuk menemukan program pembelajaran dengan unsur pokok yang harus ditemukan sesuai dengan butir-butir fokus penelitian, maka digunakan penelitian kualitatif. Penelitian ini yang diteliti adalah Madrasah Tsanawiyah Raudlatul Ulum Guyangan Trangkil Pati. Perencanaan manajemen madrasah merupakan bagian penting dalam perangkat pembelajaran dan harus direncanakan dan diupayakan oleh guru agama secara serius. Pengorganisasian pembelajaran Madrasah Tsanawiyah Raudlatul Ulum bisa memberi manfaat dalam pembelajaran dan bisa menghasilkan peserta didik yang berkualitas dengan membudayakan proses pembelajaran, dan menjadikan sebagai tempat pembelajaran
Bentuk pelaksanaan program pembelajaran Madrasah Tsanawiyah Raudlatul Ulum adalah guru bisa tegas secara profesional, bisa meningkatkan akademik dan pengembangan ilmu agama yang relevan sesuai dengan tuntutan zaman dan membentuk insan-insan yang berakhlakul karimah.
Pengawasan/evaluasi program pembelajaran Madrasah Tsanawiyah Raudlatul Ulum dilakukan melalui kegiatan pemantauan, supervisi, evaluasi, pelaporan serta tindak lanjut secara berkala dan berkelanjutan yang dilakukan kepala satuan pendidikan dan pengawas.
Evaluasi manajemen pembelajaran Madrasah Tsanawiyah Raudlatul Ulum menggunakan prinsip-prinsip pendidikan dan ruang lingkup evaluasi pembelajaran.
Pengumpulan data mengunakan teknik wawancara, observasi dan study dekomentasi. Pemilihan informan sebagai sumber data menggunakan teknik pusposif dipadukan dengan snowball. Disamping pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi pengecekan anggota dan diskusi teman sejawat. Sedangkan analisis data dilakukan dengan cara (1) Reduksi data, (2) Penyiapan data dan (3) Penarikan kesimpulan
Berdasarkan temuan-temuan manajemen pembelajaran dalam hal ini yang bertanggung jawab adalah kepala sekolah harus melakukan lima hal yaitu (1) merumuskan visi untuk kemajuan dan keberhasilan akademik siswa, mencipkan suasana Madrasah yang sangat layak untuk pembelajaran dan mengelola staf akademik dan non-akademik dalam rangka mempercepat akademik.
Dari penelitian ini untuk menemukan manajemen pembelajaran dengan unsur-unsur pokok perencanaan program pembelajaran, pengorganisasian program pembelajaran, pelaksanaan program pembelajaran, pengawasan/evaluasi program pembelajaran.

ABSTRACT:
The purpose of this study is to find the learning management of Madrasah Tsanawiyah Raudlatul Ulum with elements of (1) planning of learning programs, (2) organizing learning management through allocated time, roles, teacher assignments and learning resources, (3) forms of implementation of learning programs, (4) supervision/ evaluation of learning programs. The case under study is the management of Madrasah Tsanawiyah Raudlatul Ulum learning.
To find learning management with the basic elements that must be found in accordance with the focus points of the study, qualitative research is used. This research that was studied was Madrasah Tsanawiyah Raudlatul Ulum Guyangan Trangkil Pati. Madrasah management planning is an important part of learning tools and must be planned and seriously pursued by religious teachers.
The form of learning implementation of Madrasah Tsanawiyah Raudlatul Ulum is that teachers can be firm in a professional manner, be able to improve academics and the development of relevant religious knowledge in accordance with the demands of the times and to form beings who have moral values.
Supervision of learning management of Madrasah Tsanawiyah Raudlatul Ulum is carried out through monitoring, supervision, evaluation, reporting and periodic and on going follow-up activities carried out by the head of the education unit and supervisor.
Evaluation of learning management in Madrasah Tsanawiyah Raudlatul Ulum uses the principles of education and the scope of learning evaluation.
Data collection using interview techniques, observation and study documentation. The selection of informants as a source of data uses pusposive techniques combined with snowball. Besides checking the validity of the data using member checking triangulation and peer discussions. While the data analysis is done by (1) data reduction, (2) data preparation and (3) drawing conclusions
Based on the findings of learning management in this matter the responsibility is the principal must do five things, namely (1) formulate a vision for the progress and academic success of students, create an atmosphere of Madrasas which is very feasible for learning and managing academic and non-academic staff in order accelerate academic.

Item Type: Thesis (Dr/PhD)
Uncontrolled Keywords: Manajemen pembelajaran; Madrasah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Doktor (S3) > 76003 - Studi Islam (S3)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 27 Nov 2021 07:12
Last Modified: 27 Nov 2021 07:12
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14008

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics