Studi komparasi kepercayaan diri remaja putra dan remaja putri dalam kegiatan latihan khitobah di panti asuhan yatim piatu Ar-Rodiyah Semarang

Aisyah Kartikasari, Rizky (2020) Studi komparasi kepercayaan diri remaja putra dan remaja putri dalam kegiatan latihan khitobah di panti asuhan yatim piatu Ar-Rodiyah Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1501016002_RIZKY_AISYAH_KARTIKASARI] Text (SKRIPSI_1501016002_RIZKY_AISYAH_KARTIKASARI)
SKRIPSI_1501016002_RIZKY_AISYAH_KARTIKASARI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil dari pengamatan penulis mengenai rasa percaya diri remaja pada saat pelaksanaan kegiatan latihan khitobah yang dilaksanakan oleh Panti Asuhan Ar-Rodiyah Semarang. Remaja yang mengikuti latihan khitobah tersebut memiliki permasalahan yang berbeda setiap orangnya dan berdasarkan jenis kelaminnya. Remaja putra cenderung lebih percaya diri namun kurang baik dalam menyampaikan khitobah, masih terlalu banyak bercanda dan kurang serius dalam berkhitobah, sedangkan remaja putri kurang percaya diri dalma berkhitobah, namun penyampaian materinya lebih jelas dan lebih mampu dimengerti.
Rumusan Masalah : 1) Bagaimana latihan khitobah pada remaja Panti Asuhan Yatim Piatu Ar-Rodiyah Semarang. 2) Bagaimana deskripsi percaya diri pada remaja putra dan putri dalam kegiatan latihan khitobah di Panti Asuhan Yatim Piatu Ar-Rodiyah Semaraang. 3) Bagaimana persamaan dan perbedaan rasa percaya diri pada remaja putra dengan remaja putri dalam kegiatan latihan khitobah di Panti Asuhan Yatim Piatu Ar-Rodiyah Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi komparasi. Pangumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dari data.
Hasil penelitian menunjukkan 1) latihan kegiatan khitobah di Panti Asuhan Yatim Piatu Ar-Rodiyah Semarang dilaksanakan mulai dari merencanakan konsep acara hingga persiapan para remaja menjelang hari kegiatan latihan khitobah dilaksanakan. 2) Deskripsi percaya diri remaja putra dilihat berdasarkan kemandiriannya dalam kehidupan sosial, pertemanan, dan masyarakat, sedangkan deskripsi percaya diri remaja putri dilihat dari satu sisi yang paling jelas yaitu sifatnya yang lebih malu dan sensitif. 3) Perbedaan percaya diri putra dan putri adalah remaja putri lebih dahulu memiliki kedewasaan dibandingkan remaja putra, remaja putri lebih sensitif dan pemalu sedangkan remaja putra lebih terbuka, remaja putra lebih eksploratif dan ekspresif sedangkan remaja putri lebih merasakan grogi, sedangkan persamaan percaya diri putra dan putri adalah sama-sama memiliki tanggung jawab yang baik dalam mempersiapkan penampilan dan materi, sama- sama merasakan grogi karena disaksikan oleh teman maupun pembimbing, dan sama-sama memiliki antusias yang baik dengan berkumpul tepat waktu di aula atau lokasi latihan khitobah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan diri; Remaja; Latihan khitobah; Panti asuhan; Yatim piatu
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Poerwanto Pwt
Date Deposited: 29 Nov 2021 04:08
Last Modified: 29 Nov 2021 04:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14017

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics