Penerapan fungsi actuating dalam kegiatan jamiyah Jumat malam di Pondok Pesantren Ma’hadul Islam Sarean Kaliwungu dalam upaya pembinaan santri

Setiawan, Muhamad Rizal (2021) Penerapan fungsi actuating dalam kegiatan jamiyah Jumat malam di Pondok Pesantren Ma’hadul Islam Sarean Kaliwungu dalam upaya pembinaan santri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1401036119_MUHAMAD RIZAL SETIAWAN_SKRIPSI LENGKAP] Text (1401036119_MUHAMAD RIZAL SETIAWAN_SKRIPSI LENGKAP)
1401036119_ MUHAMAD RIZAL SETIAWAN_SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Judul penelitian ini adalah “Penerapan Fungsi Actuating Dalam Kegiatan Jamiyah Jumat Malam Di Pondok Pesantren Ma’hadul Islam Sarean Kaliwungu Dalam Upaya Pembinaan Santri”. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah : 1) Bagaimana pelaksanaan kegiatan rutin Jamiyah Jumat Malam di Pondok Pesantren Ma’hadul Islam Sarean kaliwungu dalam upaya pembinaan Santri ?, 2) Bagaimana penerapan fungsi actuating dalam pelaksanaan kegiatan rutin jamiyah jumat malam di pondok pesantren Ma’hadul Islam Sarean kaliwungu dalam upaya pembinaan Santri ?.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Fungsi Actuating Dalam Kegiatan Jamiyah Jumat Malam Di Pondok Pesantren Ma’hadul Islam Sarean Kaliwungu Dalam Upaya Pembinaan Santri. Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini ialah penelitian kualitatif yang bersifat deskiptif, yaitu sebagai jenis penelitian yang temuannya dideskripsikan dan dianalisis mengunakan kata-kata atau kalimat. Dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Kegiatan Jamiyah Jumat Malam Di Pondok Pesantren Ma’hadul Islam Sarean Kaliwungu Dalam Upaya Pembinaan Santri ini disusun dengan perencanaan secara komprehensif didasarkan atas kegiatan keagamaan yang sering dilakukan di masyarakat seperti tahlilan, barzanji, sholawatan, manaqiban tilawah/murottal, khitobah dan ceramah yang dilaksanakan setiap Jumat malam. 2) Penerapan fungsi actuating dalam Kegiatan Jamiyah Jumat Malam di Pondok Pesantren Ma’hadul Islam Sarean Kaliwungu dalam upaya pembinaan santri meliputi : a) Motivasi, pemberian motivasi yang dilakukan oleh pengasuh kepada para anggotanya yaitu dengan memberikan pemahaman tentang Kegiatan Jamiyah Jumat Malam, selain itu pengasuh juga mengikutsertakan anggota dalam pengambilan keputusan dan memberikan reward atau punishment agar santri lebih semangat dan disiplin dalam melaksanakan Kegiatan Jamiyah Jumat Malam. b) Bimbingan, dalam hal ini pengasuh Pondok Pesantren MISK memberikan petunjuk dan perintah kepada jajaran kepengurusan untuk melakukan pendampingan kepada para santri berupa membaca tahlil dan doa, membaca al barzanji dan manaqib, sholawatan, Murottal Al-Qur’an, praktik khitobah dan pendampingan dalam persiapan pelaksanaan tugas yang menjadi tanggung jawab anggota. c) Penjalinan hubungan, Penjalinan hubungan yang diterapkan di Pondok Pesantren MISK agar berdampak baik terhadap kegiatan yang dilaksanakan yaitu dengan melakukan koordinasi antara pengasuh dengan pengurus ataupun pengurus dengan pengurus, melakukan musyawarah secara rutin dan mengadakan wisata religi. d) Penyelengaraan komunikasi, dalam hal ini komunikasi yang dilakukan oleh pengasuh Pondok Pesantren MISK dengan pengurus maupun para santri, bertujuan untuk dapat menyampaikan informasi maupun menjalin silaturrahmi dengan cara berinteraksi secara langsung dan memanfaatkan mading (majalah dinding) untuk mengorganisir para santri yang akan bertugas di Kegiatan Jamiyah Jumat malam. e) Pengembangan atau peningkatan pelaksana, pengembangan dan peningkatan yang dilakukan pada Kegiatan Jamiyah Jumat Malam di Pondok Pesantren MISK dalam upaya pembinaan santri, diupayakan dalam bentuk kegiatan-kegiatan pelatihan untuk membina yang bertujuan meningkatkan kualitas sumber daya manusia serta kuantitas di dalamya. Program kegiatan yang dilakukan berupa pelatihan-pelatihan yang dilakukan sebelum dan sesudah para santri melaksanakan tugas di Kegiatan Jamiyah Jumat Malam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Penerapan fungsi actuating; Pondok Pesantren; Ma'hadul Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.37 Sermons and preaching
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 27 Nov 2021 07:40
Last Modified: 27 Nov 2021 07:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14027

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics