Pengelolaan zakat di BAZNAS Kabupten Pati (studi program bedah rumah tidak layak huni)

Rukmana, Dwi Hardiyanti (2021) Pengelolaan zakat di BAZNAS Kabupten Pati (studi program bedah rumah tidak layak huni). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1501036058_DWI HARDIYANTI RUKMANA_SKRIPSI LENGKAP] Text (1501036058_DWI HARDIYANTI RUKMANA_SKRIPSI LENGKAP)
1501036058_Dwi Hardiyanti Rukmana_Full Skripsi - Hardiyanti Rukmana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Zakat merupakan sumber dana potensial yang dapat dimanfaatkan sebagai upaya untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat. Pelaksanaan ibadah zakat melibatkan sejumlah kegiatan yang berkaitan dengan pengelolaan harta benda sejak pengumpulan, pendistribusian, pengawasan, pengadministrasian, dan pertanggung jawaban harta zakat. BAZNAS adalah sala satu lembaga pengelolaan zakat yang dibuat oleh pemerintah untuk mengelola zakat secara konsumtif maupun produktif. Yang mempunyai tujuan untuk membantu pemerintah dalam mensejahterahkan rakyat lewat program-program yang telah dibuat oleh BAZNAS. Pengelolaan zakat di BAZNAS Pati program bedah rumah tidak layak huni adalah salah satu contoh program yang diusung oleh BAZNAS yang diharapkan dapat menjadi salah satu upaya BAZNAS dalam membantu pemerintah untuk mensejahterahkan rakyat.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, karena penelitian ini lebih menekankan analisis deskriptif terhadap suatu fenomena dan berorientasi untuk menjawab pertanyaan penelitian melalui cara berfikir formal dan argumentatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, langkah selanjutnya adalah menganalisis data tersebut dengan pendekatan manajemen, dengan tahapan analisis yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa pengelolaan zakat oleh BAZNAS Pati dalam program bedah rumah tidak layak huni antara lain: (1) pengelolaan zakat pada program bedah rumah tidak layak huni cukup berhasil dilihat dari semakin banyaknya penerima manfaat bedah rumah, dan rumah yang telah mendapat bantuan juga lebih layak dari sebelum diberikan bantuan bedah rumah, (2) pengelolaan zakat di BAZNAS Pati melalui program bedah rumah tidak layak huni dapat meningkatkan kepedulian warga masyarakat sekitar dan lebih berempati kepada sesama dengan memberikan bantuan tambahan seperti bantuan tenaga, (3) faktor pendukung dari program bedah rumah tidak layak huni dapat memenuhi kebutuhan hidup secara layak bagi penerima bantuan, adapun faktor penghambat salah satunya kurangnya sosialisasi terhadap program bedah rumah tidak layak huni sehingga pendistribusian kurang merata.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Zakat; BAZNAS; Program Bedah Rumah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 28 Nov 2021 00:26
Last Modified: 28 Nov 2021 00:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14037

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics