Implementasi fungsi manajemen dakwah dalam pembinaan Pondok Pesantren Qudsiyyah putri Kudus

Hana’, Muhammad Romzal (2020) Implementasi fungsi manajemen dakwah dalam pembinaan Pondok Pesantren Qudsiyyah putri Kudus. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1501036072_Muhammad Romzal Hana’_SKRIPSI LENGKAP] Text (1501036072_Muhammad Romzal Hana’_SKRIPSI LENGKAP)
1501036072_Muhammad Romzal Hana__Full Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Muhammad Romzal Hana’, 1501036072, Implementasi Fungsi Manajemen Dakwah dalam Pembinaan Pondok Pesantren Qudsiyyah Putri Kudus. Pondok Pesantren Qudsiyyah Putri jika mampu menerapkan fungsi-fungsi manajemen, maka segala kegiatan dengan tujuannya membina Pondok Pesantren dapat terpantau dari sebelum dan sesudah kegiatan berlangsung. Fungsi-fungsi tersebut harus diterapkan oleh para pengasuh, guru, pengurus, serta organisasi santri dalam keseluruhan lingkup pondok pesantren. Pondok pesantren menjadi pusat pembinaan yang baik untuk santri jika semua terlaksana dengan baik, mulai dari awal merencanakan hingga adanya evalusi. Pondok pesantren qudsiyyah putri yang berdasarkan Al-Qur’an dan Kitab dalam pembinaannya akan terus berkembang jika selalu terkoordinasi satu pengurus dengan lainnya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana implementasi fungsi manajemen dakwah dalam pembinaan pondok pesantren Qudsiyyah Putri Kudus dan (2) bagaimana pelaksanaan program pembinaan pondok pesantren Qudsiyyah Putri Kudus. Untuk mendapatkan jawaban atas rumusanmasalah tersebut, penulis menggunakan penelitian kualitatif dan metode deskriptif. Menggunakan teknik pengumpulan data berupa teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi fungsi manajemen dakwah dalam pembinaan pondok pesantren Qudsiyyah Putri Kudus, yaitu: (1) Implementasi fungsi manajemen dakwah di pondok pesantren Qudsiyyah Putri berjalan dengan baik. Terkadang ada masalah yang muncul, akan tetapi bisa dikendalikan melalui pengawasan oleh pengasuhnya dan pengecekan oleh wakil pengasuh. (2) Dalam pembinaan pondok pesantrennya, terdapat beberapa yang dibina sesuai dengan tugas masing-masing. Agar tidak tumpang tindih dan luput dari koordinasi. Pelaksanaan Program Pembinaan Pondok Pesantren Qudsiyyah Putri Kudus sebagai berikut: (1) Program kegiatan pondok pesantren untuk membina pengurusnya sendiri terfokus pada rapat dan evaluasi. Rapat dan evaluasi ini diadakan agar tidak terjadi kesalahpahaman pekerjaan yang harus dilakukan. Serta berguna untuk membentuk suatu koordinasi yang baik demi lacarnya aktivitas pondok pesantren. (2)Program untuk santri sendiri ada dalam pembinaan pondok pesantren berupa hafalan Al-Qur’an dan Kitab Alfiyyah. Hafalan dilakukan santri dengan setoran langsung ke pengasuh agar terlaksana denga baik dan perkembangannya pun dapat dilihat oleh pengasuh. Hal ini bertujuan agar setelah keluar dari pondok, santri sudah punya bekal ilmu AL-Qur’ann dan Kitab Alfiyyah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen Dakwah; Pembinaan; Pondok Pesantren; Pondok Qudsiyah Putri;
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 28 Nov 2021 00:37
Last Modified: 28 Nov 2021 00:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14038

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics