Manajemen pariwisata Islam haul Syekh Jangkung sebagai objek wisata religi di Desa Landoh Pati

Alfiaturohmaningrum, Alfiaturohmaningrum (2020) Manajemen pariwisata Islam haul Syekh Jangkung sebagai objek wisata religi di Desa Landoh Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1501036124_ALFIATUROHMANINGRUM_SKRIPSI LENGKAP] Text (1501036124_ALFIATUROHMANINGRUM_SKRIPSI LENGKAP)
1501036124_ALFIATUROHMANINGRUM_FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh makam Syekh Jangkung Landoh yang terdapat tradisi tahunan yang disebut Haul. Haul ini berisi kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan selama acara Haul berlangsung. Dimana tidak hanya makam seorang tokoh saja yang dijadikan kegiatan wisata religi namun rangkaian acara yang terdapat dalam sebuah Haul mampu menjadikan daya tarik bagi wisatawan maupun peziarah. Maka dari itu penulis mengangkat rumusan masalah berupa: 1) Bagaimana Manajemen Haul Syekh Jangkung Landoh sebagai Objek Wisata Religi? Dan 2) Apa Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat dalam Manajemen Haul Syekh Jangkung Landoh sebagai Objek Wisata Religi?
Metode penelitian ini menggunakan penelitian Kualitatif dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Teknik analisis yang digunakan analisis deskriptif.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Manajemen Haul Syekh Jangkung yang dilakukan dengan cara yang pertama perencanaan kegiatan-kegiatan, menentukan sumber daya yang diperlukan. Kemudian pengorganisasian dengan menetapkan struktur panitia kegiatan. Selanjutnya pelaksanaan dilakukan secara berurutan dari malam pertama pembukaan kegiatan haul sampai malam puncak haul. Kemudian dilakukan pengawasan terhadap kegiatan haul Syekh Jangkung yang berlangsung. Faktor pendukung diantaranya tidak adanya pemungutan biaya, mudahnya akses jalan menuju lokasi kegiatan, dukungan dari masyarakat landoh. Faktor penghambat dalam kegiatan haul adalah kurangnya penerangan di area parkir kendaraan mobil dan bus, kurangnya perhatian pada lokasi pasar malam, kurangnya publikasi adanya kegiatan haul Syekh Jangkung.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Pariwisata; Makam Syekh Jangkung; Haul; Wisata Religi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.56 Specific moral issues
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 28 Nov 2021 10:42
Last Modified: 28 Nov 2021 10:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14043

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics