Motif-motif yang mempengaruhi minat mahasiswa UIN Walisongo Semarang dalam membaca al-Qur’an pada komunitas “one day one juz”

Mutoharoh, Mutoharoh (2020) Motif-motif yang mempengaruhi minat mahasiswa UIN Walisongo Semarang dalam membaca al-Qur’an pada komunitas “one day one juz”. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1501036142_MUTOHAROH_SKRIPSI LENGKAP] Text (1501036142_MUTOHAROH_SKRIPSI LENGKAP)
1501036142_MUTOHAROH_FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Mutoharoh, NIM 1501036142 dengan judul “Motif-motif yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa UIN Walisongo Semarang Dalam Membaca Al Qur’an pada komunitas One Day One Juz” Fakultas Dakwah dan komunikasi Program Studi Manajemen Dakwah UIN Walisongo Semarang.
Adapun masalah yang diangkat dalam penelitian, bertujuan untuk mengetahui apa motif yang mempengaruhi minat mahasiswa UIN Walisongo Semarang dalam membaca Al Qur’an pada komunitas One Day One Juz serta bagaimana profil komunitas One Day One Juz. informan dalam penelitian ini adalah beberapa pengurus komunitas One Day One Juz dan anggota komunitas One Day One Juz mahasiswa UIN Walisongo Semarang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan diskriptif, Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Data Reduction (Reduksi Data), Data Display (Penyajian Data).Penarikan Kesimpulan.
Analisis data dalam penelitian ini yaitu dimulai dengan menelaah seluruh data dari berbagai sumber. Kemudian Mengadakan data yang ada. Temuan dalam penelitian ini adalah mengenai motif-motif yang mempengaruhi minat mahasiswa UIN Walisongo Semarang dalam membaca Al Qur’an pada komunitas One Day One Juz.
Hasil penelitian ini adalah 1. Motif internal yaitu motif yang berasal dari sendiri niat yang ikhlas ingin mencapai keinginanya dan lebih istiqomah dalam tilawah Al Qur’an. 2. Motif eksternal yaitu motif yang timbul dari luar keinginan sendiri, seperti ajakan dari teman sesama mahasiswa, lingkungan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Motif baca; Mahasiswa UIN Walisongo; Al Qur'an;
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 020 Library and information sciences > 028 Reading, use of other information media
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it
300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 28 Nov 2021 10:59
Last Modified: 28 Nov 2021 10:59
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14044

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics