Implementasi pendidikan inklusi pada model pembelajaran sentra imtaq muslim di TK Talenta Semarang Tahun 2020

Kumala, Hena Safira Endah (2020) Implementasi pendidikan inklusi pada model pembelajaran sentra imtaq muslim di TK Talenta Semarang Tahun 2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1503106022_Hena Safira Endah Kumala_Lengkap] Text (Skripsi_1503106022_Hena Safira Endah Kumala_Lengkap)
1503106022_Hena Safira Endah Kumala_Lengkap Tugas Akhir - Hena Safira Endah Kumala.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Setiap anak memiliki latar belakang kehidupan budaya dan perkembangan yang berbeda-beda, tetapi dengan adanya perbedaan tersebut setiap anak tetap berhak mendapatkan pendidikan yang sama dengan anak-anak yang lainnya. Setiap sekolah tentunya mempunyai ciri khas yang sesuai dengan keadaan dan lingkungan sekolah maupun pengetahuan yang dimiliki oleh guru salah satunya adalah TK Talenta. TK Talenta merupakan sekolah nasional yang menerima semua anak tanpa membedakan suku, agama, ras, status sosial ekonomi, bahkan menerima Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Metode yang digunakan adalah metode Fun And Active Learning, pembelajaran yang dikemas dalam kegiatan bermain melalui pendekatan sentra. TK Talenta menyediakan pembelajaran sentra yang meliputi sentra imtaq, sentra bahan alam, sentra seni, sentra bermain peran, sentra balok dan sentra persiapan.
Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pendidikan inklusi di TK Talenta Puspowarno Tengah IX Semarang? 2) Bagaimana Implementasi Pendidikan Inklusi Pada Model Pembelajaran Sentra Imtaq Muslim di TK Talenta Puspowarno Tengah IX Semarang?
Penelitian Ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, data penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pendidikan inklusi di TK Talenta ini dimana sekolah menerima dan mendidik Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) sebagaimana layaknya peserta didik yang lainnya, selain itu TK Talenta juga menerima semua peserta didik dari berbagai ragam suku, agama, ras, perbedaan antargolongan, semua peserta didik mendapatkan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhannya masing-masing, memodifikasi kurikulum 2013 dengan membuat program pembelajaran kedua yang bernama Program Pembelajaran Individual (PPI), metode pembelajarannya menggunakan metode sentra, memiliki sarana prasarana yang berbeda dengan sekolah yang lain, memberikan pelatihan dan pembekalan pada pendidik mengenai anak berkebutuhan khusus, fasilitas dan pelayanan terhadap anak berkebutuhan khusus sangat mendukung. 2) Persiapan pembelajaran sentra imtaq muslim dengan membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM) dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH), sentra imtaq dilakukan setiap hari senin dengan mengelompokkan peserta didik sesuai dengan agamanya masing-masing, berdoa bersama yang dilakukan setiap pagi sesuai dengan agama masing-masing peserta didik untuk membiasakan peserta didik beribadah sejak usia dini, proses pembelajarannya menggunakan empat pijakan main, penempatan peserta didik berkebutuhan khusus menggunakan model kelas relugar, pembelajaran mengembangkan aspek kognitif, bahasa, nilai agama dan moral, fisik motoril dan sosial-emosional, kurangnya pendidik yang beragama muslim, dalam sentra imtaq muslim peserta didik diajarkan untuk mengenal Allah SWT dan ajaran-ajaran yang terdapat pada agama Islam dengan melalukan praktek shalat, berwudhu, doa dan surat pendek serta menceritakan kisah-kisah nabi. 3) Anak-anak yang Berkebutuhan Khusus (ABK) di dampingi oleh guru pendamping khusus sesuai dengan agama masing-masing peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan inklusi. Model pembelajaran; Sentra; Imtaq; Taman Kanak-Kanak
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 02 Dec 2021 03:47
Last Modified: 02 Dec 2021 03:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14047

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics