Tradisi pembacaan basmalah pada puasa bismillah di Madin Sirajuth Thalibin, Purbalingga (studi living qur’an)

Lestari, Indah (2020) Tradisi pembacaan basmalah pada puasa bismillah di Madin Sirajuth Thalibin, Purbalingga (studi living qur’an). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1504026032_INDAH LESTARI_SKRIPSI LENGKAP] Text (1504026032_INDAH LESTARI_SKRIPSI LENGKAP)
1504026032_Indah Lestari_FULL Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “ Tradisi Pembacaan Basmalah pada Puasa Bismillah di Madin Sirajuth Thalibin, Purbalingga (Studi Living Qur’an). Pelaksanaan pembacaan basmalah pada puasa bismillah ini dilakukan oleh Kyai Slamet Saja’ah dan para santrinya. Pembacaan basmalah dilakukan sebanyak 4.444 kali. Sebelum pembacaan basmalah dilakukan, para santri harus mendapat izin dari seorang guru atau Kyai. Izin ini dinamakan ijazah. Pembacaan tersebut dilakukan sebagai bentuk riyadhah terhadap kalimat basmalah dan semata-mata dilakukan untuk mendapat keberkahan dari Allah Swt.
Fokus pembahasan terkait dengan apa yang mendasari dari bagaimana sejarah tradisi pembacaan basmalah pada puasa bismillah di Madin Sirajuth Thalibin, Purbalingga dan bagaimana praktik pembacaan basmalah pada puasa bismillah di Madin Sirajuth Thalibin, Purbalingga serta bagaimana makna/manfaat pembacaan basmalah pada puasa bismillah di Madin Sirajuth Thalibin, Purbalingga.
Penelitian ini penulis menggunakan penelitian kualitatif yang menghasilkan data-data deskriptif yang berupa kata-kata lisan maupun tertulis dan tingkah laku yang dapat diamati. Penulis juga menggunakan metode living Qur’an dengan pendekatan studi kasus. Sumber primer dari penelitian ini adalah Kyai Slamet Saja’ah dan santri Madin Sirajuth Thalibin, Purbalingga. Sumber sekundernya yaitu buku, kitab-kitab, dan jurnal yang berhubungan dengan penelitian ini, mengumpulkan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dengan pihak-pihak yang bersangkutan. Metode observasi dilakukan dengan terjun langsung ke lapangan. Metode dokumentasi berupa berkas pendukung seperti arsip-arsip dan dokumen Madin Sirajuth Thalibin maupun foto-foto kegiatannya. Analisis data menggunakan data analisis di lapangan model interaktif Miles dan huberman. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana sejarah tradisi pembacaan basmalah pada puasa bismillah di Madin Sirajuth Thalibin, Purbalingga, mengetahui bagaimana praktik pembacaan basmalah pada puasa bismillah di Madin Sirajuth Thalibin, Purbalinga dan mengetahui bagaimana manfaat tradisi pembacaan basmalah pada puasa bismillah bagi pengasuh dan santri Sirajuth Thalibin, Purbalingga.
Berdasarkan hasil penelitian analisis, pembahasan masalah, landasan teori, data-data dan tujuan penelitian. Penulis berkesimpulan bahwa adanya tradisi pembacaan basmalah pada puasa bismillah merupakan salah satu bentuk riyadhah dalam menuntut ilmu dan mendekatkan diri dengan Allah Swt. Manfaat melakukan pembacaan basmalah pada puasa bismillah menurut pengasuh Madin Sirajuth Thalibin yaitu Kyai Slamet yaitu agar mendapatkan ilmu yang berkah dan mudah dalam memahami ilmu yang mereka pelajari dan mendapat ilmu laduni. Sedangkan menurut santri, mereka merasa jiwanya tenang, lebih dekat dan selalu ingat dengan Allah Swt serta mendapatkan rizki yang tidak diduga-duga maksudnya mereka merasakan adanya ilmu laduni.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Tradisi; Basmallah; Puasa Bismillah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.53 Sawm, fasting (selain Ramadhan, puasa sunnah)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 30 Nov 2021 08:03
Last Modified: 30 Nov 2021 08:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14068

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics