Studi komparasi penerapan metode pembelajaran berbasis laboratorium alam dan laboratorium ruang terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi dunia tumbuhan di SMA Muhammadiyah Kudus

Sari, Aninditya Kharisma (2020) Studi komparasi penerapan metode pembelajaran berbasis laboratorium alam dan laboratorium ruang terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi dunia tumbuhan di SMA Muhammadiyah Kudus. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Studi komparasi penerapan metode pembelajaran berbasis laboratorium alam dan laboratorium ruang terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi dunia tumbuhan di SMA Muhammadiyah Kudus] Text (Studi komparasi penerapan metode pembelajaran berbasis laboratorium alam dan laboratorium ruang terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi dunia tumbuhan di SMA Muhammadiyah Kudus)
SKRIPSI_1503086073_ANINDITYA KHARISMA SARI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Kurikulum 2013 atau sering disebut dengan kurtilas yang saat ini diterapkan oleh pemerintah disetiap sekolah menuntut siswa untuk berpikir tingkat tinggi, hal ini ditujukan dengan adanya beberapa kata kerja operasional yang menunjukkan berpikir tingkat tinggi siswa di dalam kompetensi inti (KI) kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis labolatorium alam dan ruang pada materi dunia tumbuhan kelas x semester genap di SMA Muhammadiyah Kudus. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental Design. Populasi dan sampelnya adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Muhammadiyah Kudus yang berjumlah 56 siswa yang terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 dimana kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen 1 yang diberi perlakuan dengan menggunakan metode labolatorium alam dan kelas X MIPA 2 1 sebagai kelas eksperimen 1 yang diberi perlakuan dengan menggunakan metode labolatorium ruang. Penilaian dengan menggunakan soal pretest dan posttest berbasis HOTS (High Order Thinking Skill) di uji keefektifannya dengan menggunakan t-test dan N-Gain. Hasil perhitungan t-test menunjukkan thitung = 0,35sedangkan ttabel = 2.00, karena t hitung < t tabel maka Ho diterima dan Ha ditolak. Analisis tahap akhir dengan uji t perbedaan dua rata-rata menghasilkan thitung =-0,366 sedangkan ttabel = 2.00, karena t hitung < t tabel, maka Ho diterima dan Ha ditolak, artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan dua metode tersebut. Hasil yang sama ditunjukkan pada uji N-Gain dimana pada kelas eksperimen 1 sebesar 0.39(kategori sedang) sedangkan untuk kelas eksperimen 2 sebesar 0,40 (kategori sedang), maka terdapat perbandingan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa antara penggunaan metode berbasis labolatorium alam dan labolatorium ruang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Labolatolatorium alam; Labolatorium ruang; High Order Thinking Skills (HOTS); Kemampuan berpikir tingkat tinggi; Dunia tumbuhan; Flora
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 575 Specific parts of and physiological systems in plants
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 02 Dec 2021 02:57
Last Modified: 02 Dec 2021 02:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14070

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics