Analisis implementasi model pembelajaran berbasis daring pada mata pelajaran biologi kelas XI SMA/MA Negeri di Kabupaten Tuban

Romhatullah, A. Farid (2021) Analisis implementasi model pembelajaran berbasis daring pada mata pelajaran biologi kelas XI SMA/MA Negeri di Kabupaten Tuban. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1708086003_A. Farid Rohmatulloh] Text (SKRIPSI_1708086003_A. Farid Rohmatulloh)
SKRIPSI_1708086003_A. Farid Rohmatulloh.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Covid-19 menyebabkan pembelajaran di sekolah menggunakan sistem daring. pembelajaran daring membuat proses belajar dari rumah belum dapat dikatakan efektif karena kendala infrastruktur dan teknis yang dihadapi oleh siswa, guru maupun orang tua. Hal ini menjadi tantangan bagi guru untuk lebih adaptif, kreatif, dan inovatif serta dapat memilih model pembelajaran yang relevan agar pemahaman siswa menjadi lebih baik. Penelitian ini mendeskripsikan model pembelajaran yang digunakan dan menganalisis implementasi model pembelajaran berbasis daring pada mata pelajaran biologi kelas XI SMA/MA Negeri di Kabupaten Tuban. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi, sehingga instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pedoman wawancara, lembar observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisisnya mengikuti analisis data model Miles and Huberman, yang terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian didapatkan bahwa SMAN 1 Grabagan, SMAN 1 Plumpang, dan MAN 2 Tuban menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Sedangkan di MAN 1 Tuban menggunakan model pembelajan Problem based learning (PBL) dan SMAN 1 Soko menggunakan pembelajaran daring method. Implementasi model pembelajaran di SMAN 1 Grabagan, SMAN 1 Plumpang, dan MAN 2 Tuban terlaksana sesuai dengan sintaks model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) meskipun terdapat beberapa tahapan yang tidak digunakan. Sedangkan implementasi model pembelajaran di MAN 2 Tuban terlaksana sesuai dengan sintaks model pembelajaran Problem based learning (PBL) dan terdapat beberapa tahapan yang tidak terlaksana. Adapun implementasi pembelajaran yang terlaksana di SMAN 1 Grabagan menggunakan daring method.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Daring; Biologi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 02 Dec 2021 02:58
Last Modified: 02 Dec 2021 02:58
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14071

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics