Pengaruh religiusitas dan harga terhadap keputusan pembelian makanan dengan labelisasi halal sebagai variabel intervening : studi kasus mahasiswa UIN Walisongo Semarang

Sholikatun, Siti (2020) Pengaruh religiusitas dan harga terhadap keputusan pembelian makanan dengan labelisasi halal sebagai variabel intervening : studi kasus mahasiswa UIN Walisongo Semarang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of TESIS_1705028020_SITI_SHOLIKATUN] Text (TESIS_1705028020_SITI_SHOLIKATUN)
TESIS_1705028020_SITI_SHOLIKATUN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Keputusan pembelian merupakan proses seorang konsumen mengenal masalah, mencari informasi mengenai produk dan mengevaluasi seberapa baik masing-masing alternatif tersebut yang kemudian mengarah kepada keputusan pembelian. Perkembangan informasi membuat konsumen menentukan pilihan dengan mudah, dengan akses mudah tersebut perlu mempertimbangkan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen antara lain harga, promosi dan produk. Konsumen dalam memilih sebuah kemasan produk harus mempertimbangkan beberapa informasi penting mengenai bentuk produk, label dan informasi lainnya yang menyangkut tentang kondisi diri produk tersebut sehingga produk tersebut dapat dikonsumsi dengan baik Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah SEM PLS (Partial Least Square). pengumpulan data pada penelitian ini adalah kuesioner. Kuesioner merupakan teknik pengumpulan data dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk dijawab. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 informan yang diambil dari sebagian Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Syari’ah, Fakultas Tarbiyah, Fakultas Dakwah dan beberapa karyawan Hasil pengujian membuktikan bahwa religiusitas berpengaruh positif signifikan terhadap labelisasi halal dan harga berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan pengujian tidak langsung membuktikan bahwa labelisasi halal mampu memediasi antara religiusitas terhadap keputusan pembelian.

ABSTRACT:
Purchasing decision is the process of a consumer recognizing a problem, finding information about a product and evaluating how well each of these alternatives then leads to a purchase decision. The development of information makes consumers make choices easily, with this easy access it is necessary to consider the factors that influence consumer purchasing decisions, including prices, promotions and products. Consumers in choosing a product packaging must consider some important information about the shape of the product, labels and other information concerning the self-condition of the product so that the product can be consumed properly The type of research used is quantitative research and the analysis method used in this study is SEM PLS (Partial Least Square). data collection in this study is a questionnaire. The questionnaire is a data collection technique by giving a set of questions or written statements to respondents to answer. The number of samples in this study were 100 informants who were taken from some students of the Faculty of Economics and Islamic Business, Faculty of Sharia, Faculty of Tarbiyah, Faculty of Da'wah and several employees. The test results prove that religiosity has a significant positive effect on halal labeling and price has a significant positive effect on purchasing decisions, while indirect testing proves that halal labeling is able to mediate between religiosity and purchasing decisions.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Keputusan pembelian; Religiusitas; Harga; Makanan; Label halal
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.39 Other Practices (Incl. Halal Food, Syirik, Munafiq)
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 60102 - Ekonomi Syariah (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 01 Dec 2021 07:28
Last Modified: 01 Dec 2021 07:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14096

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics